Berita Mahulu Terkini

Wujudkan Ketahanan Pangan di  Perbatasan, Prajurit TNI Pamtas RI-Malaysia Bertani Bersama Warga

Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Pos Long Bagun yang dipimpin oleh DanSSK 4 Kapten Arm Dhestya HK, S.I.P, turut bertani

Penulis: Febriawan | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Pos Long Bagun yang dipimpin oleh DanSSK 4 Kapten Arm Dhestya HK, S.I.P, turut bertani bersama masyarakat di perbatasan.TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN 

TRIBUNKALTIM.CO,UJOH BILANG– Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Pos Long Bagun yang dipimpin oleh DanSSK 4 Kapten Arm Dhestya HK, S.I.P, turut bertani bersama masyarakat di perbatasan.

Setidaknya 8 prajurit ikut serta bersama masyarakat mengikuti tradisi Nugal (menanam di ladang).

Bagi warga Suku Dayak di Mahaulu, Nugal atau tanam padi perdana ini, bagian dari program Tanam Padk Ladang Menetap yang ke-2.

Kali ini dilaksanakan di Desa Mambes, yang merupakan program kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu

Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak  Jumat (9/9/2022) tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh pada Sabtu (10/9/2022).

Baca juga: Mahulu Kembali Luncurkan Program Tanam Padi Ladang Menetap

Baca juga: Diresmikan Bupati dan GM PLN UIW Kaltimra, Delapan Kampung di Mahulu Diterangi Listrik 24 Jam

Baca juga: Listrik 8 Kampung di Kecamatan Long Hubung Mahulu Sudah Menyala 24 jam

Turut mendampingi bupati, Sekretaris Daerah dan para Pejabat Pemerintah Daerah, serta seluruh Camat, Kepala Desa peserta perwakilan Warga Desa di Jajaran Kabupaten Mahakam Ulu.

Komandan SSK 4 Pamtas, Minggu (11/9/2022) mengungkapkan, kehadiran prajurit TNI di perbatasan selain melaksanakan tugas operasi pengamanan, juga mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ketahanan pangan bagi masyarakat di perbatasan. Khususnya di Desa Mambes, Kec Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim.

Dansatgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Mayor Arm Yan Octa Rombenanta, S.Sos dalam rilis tertulisnya menyampaikan, pangan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia untuk dapat mempertahankan hidup.

Melalui kegiatan tersebut, maka akan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Selain itu juga ketahanan pangan memiliki pengaruh terhadap stabilitas keamanan.

“Pertahanan pangan juga sangat penting, karena mendukung pertahanan keamanan. Bukan hanya sebagai komoditi ekonomi, pangan merupakan komoditi yang memiliki fungsi sosial dan politik, baik nasional maupun global. Untuk itulah, ketahanan pangan mempunyai pengaruh yang penting terhadap keamanan,” kata Yan Octa.

Baca juga: Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh Usulkan Pembangunan WTP ke Kementerian PUPR

Sementara itu, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh,  mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Pos Long Bagun atas kontribusinya,  telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan Tanam Padi Perdana Ladang Menetap ke-2 di Mahakam Ulu.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak TNI, khususnya Anggota Pos Long Bagun yang sudah ikut serta bersama masyarakat kami, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masayarakat khususnya di Mahakam Ulu,” kata bupati. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved