Angka Kebiasaan Sikat Gigi yang Benar Masih Rendah, PDGI-Pemkot Balikpapan Sinergi Sukseskan HKGN

Dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022, Pemkot dan PDGI Balikpapan menggelar kegiatan sikat gigi massal.

Tribunkaltim.co/Niken Dwi Sitoningrum
Penyelenggaraan sikat gigi massal dalam peringatan HKGN 2022 yang digelar di SDN 003 Balikpapan Kota, Senin (12/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Balikpapan menggelar kegiatan sikat gigi massal.

Ketua PDGI Cabang Kota Balikpapan, Husdiari menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi pemerintah bersama stakeholder terkait.

Adapun, proporsi kesehatan gigi saat ini hanya mencapai angka 57 persen.

Baca juga: Peringati HKGN Sekaligus BIAN, Dinkes Balikpapan Gelar Sikat Gigi Massal di SDN 003 Balikpapan Kota

Secara nasional, kesadaran memeriksakan gigi ke dokter gigi pun hanya sebesar kurang lebih 10 persen.

"Masih sangat rendah. Kebiasaan untuk menggosok gigi yang benar pun masih ada di angka 2,8 persen secara nasional," kata Husdiari.

Oleh sebab itu, pemerintah pusat dan juga PDGI pusat mengarahkan perwakilannya di daerah, gunameningkatkan dan mengedukasi kembali cara menggosok gigi yang baik dan benar di mana harus dimulai sejak usia dini.

"Maka dari itu anak-anak dari PAUD, TK dan SD menjadi sasaran kita hari ini. Dari kebiasaan baik itu, kita berharap akan melahirkan budaya sehat yang diawali dengan sikat gigi yang baik dan benar," tambahnya.

Baca juga: Bantu Pencapaian Vaksin di Kota Balikpapan, Dinkes Minta Para Pencari Kerja Wajib Booster

Selain penyelenggaraan sikat gigi massal, peringatan HKGN 2022 sekaligus dirangkaikan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang akan segera berakhir pada besok (13/9/2022).

"Kami juga mendapatkan arahan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan atas izin dari Bapak Gubernur untuk mengaitkan hal ini (HKGN 2022) dengan BIAN untuk wilayah Kaltim," jelasnya.

Husdiari juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini di Kota Balikpapan.

"Terima kasih atas dukungan dari Bapak/Ibu sekalian, khususnya dengan Pemerintah Kota Balikpapan," tutupnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved