Tingkatkan Kapasitas Pengelola Wisata, Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan K3 bagi Warga Malahing

Pupuk Kaltim bekali penerapan aspek keselamatan dan kesehatan kerja bagi masyarakat Malahing dalam pengelolaan sektor wisata yang dijalankan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim saat membekali penerapan aspek keselamatan dan kesehatan kerja bagi masyarakat Malahing dalam pengelolaan sektor wisata yang dijalankan di BPU RT 30 Malahing, Kamis (8/9/2022). Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan dukungan dan pembinaan dalam mendorong kampung atas air Malahing Bontang Selatan sebagai destinasi wisata unggulan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan dukungan dan pembinaan dalam mendorong kampung atas air Malahing Bontang Selatan sebagai destinasi wisata unggulan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bekali penerapan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi masyarakat Malahing dalam pengelolaan sektor wisata yang dijalankan.

Kegiatan berlangsung di BPU RT 30 Malahing, Kamis (8/9/2022).

AVP Pembangunan Sosial dan Ekonomi TJSL Pupuk Kaltim Cantri Winarti mengungkapkan pelatihan ini sebagai bekal pengetahuan tambahan bagi warga Malahing, untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan dalam pengelolaan kampung wisata.

Hal ini mengingat lokasi yang berada di tengah laut dan jauh dari pusat Kota Bontang, menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola untuk memastikan keselamatan wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Boyong 8 Medali, PB Pupuk Kaltim Raih Juara Umum Bayan Open 2022

Pelatihan ini sebagai tindaklanjut bantuan sarana prasarana penunjang wisata yang sebelumnya telah dialokasikan Pupuk Kaltim, salah satunya Resto Apung yang memiliki potensi kerentanan terhadap bencana kebakaran dari penggunaan kompor gas secara intensif.

"Melalui pelatihan ini, Pupuk Kaltim mendorong masyarakat Malahing memiliki kesiapsiagaan terhadap berbagai potensi yang bisa mengancam keselamatan wisatawan, salah satunya kebakaran," ujar Cantri.

Kegiatan menggandeng Departemen K3 Pupuk Kaltim, dengan materi berupa teori dan praktik langsung kesiapsiagaan bencana. Mulai dari pelatihan penggunaan APAR, penentuan titik evakuasi, serta simulasi evakuasi sekira terjadi bencana saat kunjungan wisata.

Dari pelatihan ini, diharap masyarakat Malahing mampu melakukan pemetaan lokasi evakuasi hingga penanganan pertama saat bencana terjadi.

"Selain itu, masyarakat Malahing juga didorong memiliki kesadaran menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana, mulai dari langkah kecil seperti tidak merokok di sembarang tempat hingga penerapan protokol keselamatan secara maksimal," tambah Cantri.

Baca juga: Siap Sukseskan Regsosek 2022, Pupuk Kaltim Dukung Percepatan Satu Data Indonesia

Ketua RT 30 Malahing Nasir Lakada, menyampaikan terima kasih atas kesinambungan pembinaan serta pendampingan Pupuk Kaltim, hingga Malahing mampu bertransformasi menjadi kampung wisata dengan daya tarik budaya dan potensi alam menarik di Kota Bontang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved