Ekonomi dan Bisnis

Investor Menangkap Peluang Bisnis Properti Terkait Pembangunan IKN Nusantara

Keputusan pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Geliat perkembangan dunia properti di beranda IKN Nusantara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat ini dunia properti di Balikpapan dan Samarinda mulai bergairah, terlebih lagi adanya proses pembangunan IKN Nusantara di Penajam Paser Utara. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Keputusan pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dinilai bakal berdampak luas terhadap industri properti di kawasan tersebut.

Kota-kota besar yang sebelumnya menjadi sentra ekonomi di Kalimantan Timur seperti Samarinda dan Balikpapan akan semakin menemukan momentum pertumbuhannya dengan pembangunan IKN.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit memperkirakan, kebutuhan properti di wilayah yang berdekatan dengan IKN seperti Samarinda akan terus meningkat sejalan dengan pembangunan IKN.

Masuknya investor dari berbagai negara ke IKN merupakan potensi ekonomi yang sangat menjanjikan.

Baca juga: Istana Presiden Didemo Soal Kenaikan Harga BBM, Pembangunan IKN Nusantara Disindir

Properti di wilayah yang sudah mapan infrastrukturnya seperti Samarinda akan lebih menarik minat investor dan pekerja yang punya kepentingan di IKN Nusantara.

"Membangun sebuah kota baru butuh waktu panjang, sehingga orang akan lebih memilih tinggal di kota yang sudah jadi,” katanya melalui siaran pers yang diterima TribunKaltim.co, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya upaya pengembang membangun proyek-proyek baru di Samarinda merupakan langkah yang tepat.

Bertambahnya populasi dan banyak kepentingan lainnya yang akan mengikuti pembangunan IKN membutuhkan kawasan hunian dengan konsep dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

“Pembangunan IKN akan menjadi booster untuk kawasan properti yang sudah dikembangkan di Samarinda dan Balikpapan. Kota-kota ini saya rasa akan jauh lebih maju dibandingkan IKN itu sendiri,” tuturnya.

Baca juga: Ekosistem Pengembangan Atlet Secara Ilmiah, Fasilitasnya Tersedia di IKN Nusantara

Sebelum muncul IKN, Samarinda dan Balikpapan telah menjadi magnet bagi banyak perusahaan properti untuk menawarkan beragam produknya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved