Berita Penajam Terkini

BPBD Penajam Paser Utara Dapat Bantuan Peralatan Penanggulangan Bencana Senilai Rp700 Juta

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mendapatkan bantuan peralatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU
BPBD PPU dapat bantuan senilai Rp700 juta dari BNPB.TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mendapatkan bantuan peralatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD PPU Marjani mengatakan, bantuan yang didapatkan ini merupakan usulan pada tahun 2020 lalu.

Beberapa peralatan yang diberikan BNPB diantaranya, mesin perahu ukuran 18 PK sebanyak dua unit yang akan digunakan untuk penanganan apabila terjadi banjir.

Hardisk satu unit, drone sebanyak satu unit, generator set satu unit, lima unit komputer, peralatan video conference, dan lainnya.

Total nilai bantuan peralatan untuk Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) tersebut kurang lebih Rp700 juta.

Baca juga: Akses ke Krayan Selatan Nunukan Tertutup Akibat Longsor, BPBD Tetapkan Tanggap Darurat

Baca juga: Inovasi Sadar Bencana BPBD Kukar, Layanan Kebencanaan di Fase Darurat

Baca juga: Korban Kebakaran di Margasari Balikpapan Dapat Bantuan BSTT dari BPBD

"Bantuan dari BNPB ini terdiri dari beberapa item barang, nilainya kurang lebih Rp700 juta," ungkapnya kepada TribunKaltim.co, Kamis (15/9/2022).

Peralatan yang diterima, fungsinya untuk memudahkan deteksi potensi bencana hingga pelaporan kejadian.

Dengan peralatan yang kini dimiliki, seluruh kegiatan penaggulangan bencana dapat dilaporkan langsung dari lokasi bencana tersebut.

"Memudahkan tidak perlu menunggu anggota datang dulu untuk melaporkan, dari lokasi bencana langsung kita bisa akses disini," katanya.

Saat ini seluruh peralatan tengah dipersiapkan dan akan diujicobakan.

Baca juga: 4 Kelurahan di Penajam dan 1 Desa di Waru Terendam Banjir, BPBD Penajam Paser Utara Lakukan Evakuasi 

Setelah itu dalam waktu dekat seluruh peralatan akan segera efektif penggunaannya.

"Bantuan barang ini akan sangat berguna dalam mendukung penanggulangan bencana. Tim Pusdalops memang membutuhkan peralatan terkait dengan upaya mulai pencegahan, tindakan, atau keadaan darurat dan setelah itu bisa ter-informasikan by sistem," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved