Perluas Manfaat CSV, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Perbaikan Sarana KJA ke Kopnel BEM

Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan perbaikan bangunan dan sarana pendukung bagi keramba jaring apung yang dikelola Kopnel BEM.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Penyerahan bantuan perbaikan bangunan dan sarana pendukung bagi keramba jaring apung oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi kepada perwakilan pengurus Kopnel BEM, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan pembinaan pada program Creating Shared Value (CSV), PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan perbaikan bangunan dan sarana pendukung bagi keramba jaring apung (KJA), yang dikelola Koperasi Nelayan Bontang Ekonomi Pariwisata dan Maritim (Kopnel BEM).

Bantuan diserahkan Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, kepada perwakilan pengurus Kopnel BEM, Selasa (13/9/2022).

Diungkapkan Rahmad, bantuan ini merupakan wujud kesinambungan kepedulian Pupuk Kaltim terhadap pembinaan kelompok nelayan Kopnel BEM, yang sejauh ini menunjukkan kemajuan siginifikan dalam pengelolaan KJA.

Bahkan, program ini berhasil di replikasi di dua kawasan perairan Bontang, yakni Gusung dan Bontang Kuala dengan hasil yang tinggi di tiap masa panen.

"Program CSV KJA ini mempunyai peranan penting sebagai bio indikator kualitas lingkungan laut, terhadap dampak dari aktifitas produksi Pupuk Kaltim. Makanya dukungan perlu ditindaklanjuti secara berkesinambungan, sehingga program makin berjalan dengan lebih optimal," kata Rahmad.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-35, MBPKT Kukuhkan Pengurus dan Anggota Baru Periode 2022/2023

Dijelaskan Rahmad, bantuan yang disalurkan berupa perbaikan bangunan dan fasilitas restoran apung KJA, mulai dari plang nama CSV Pupuk Kaltim dan stand photo booth yang kini rusak dengan total nilai Rp 58,8 Juta.

Keberadaan stand photo booth dinilai sangat penting, karena menjadi salah satu spot andalan bagi pengunjung untuk agenda foto bersama dari tamu perusahaan.

Khusus perbaikan bangunan, bantuan berupa sarana prasarana pendukung budi daya lobster dan kerapu.

Terdiri dari tiang balok ulin, tali dan paranet atap untuk perbaikan keramba, agar operasional Kopnel BEM dalam mengelola KJA semakin optimal.

"Dari bantuan ini, Pupuk Kaltim berharap Kopnel BEM dapat lebih memaksimalkan potensi pengelolaan KJA dalam meningkatkan manfaat bagi anggota, sehingga kemandirian nelayan dari pembinaan program CSV ini makin berjalan optimal," tambah Rahmad.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved