Video Viral

Mengerikan, Ukraina Temukan Kuburan Massal Berisi 440 Jenazah, Korban Ganasnya Rusia

Mengerikan, Ukraina temukan kuburan massal berisi 440 jenazah, korban ganasnya Rusia

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Usai menguasai kembali Kota Izium, tentara Ukraina menemukan kuburan massal yang diperkirakan adalah pemakaman korban kejahatan pasukan Rusia.

Dilansir dari Tribunnews.com, pemandangan mengerikan tersebut terjadi setelah pihak berwenang menggali sebuah situs yang dicurigai menjadi pemakaman massal. Mereka menemukan sebanyak 440 sosok mayat.

Dilaporkan Sky News, para korban tersebut tewas akibat penembakan dan serangan dari udara.

Hal ini menurut Presiden Volodymyr Zelensky hampir sama dengan kejadian di Bucha beberapa bulan yang lalu.

“Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab,” kata Zelensky dalam pidato videonya, Kamis (15/9/2022).

“Prosedur yang diperlukan sudah dimulai di sana. Informasi lebih lanjut – informasi yang jelas dan dapat diverifikasi – harus tersedia besok, ”katanya.

Ukraina dan sekutunya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di Bucha pada tahap awal invasi Februari oleh pasukan Rusia.

Kota komuter Kyiv barat laut yang kaya, Bucha, identik dengan kejahatan perang Rusia, di mana ratusan mayat telah ditemukan.

Setelah satu bulan pertempuran, Bucha adalah salah satu tempat pertama yang ditarik kembali oleh Moskow untuk memusatkan pasukannya di timur Ukraina.

Bolvinov mengatakan penyelidikan forensik akan dilakukan pada setiap tubuh.

"Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di [daerah] yang dibebaskan 440 mayat dimakamkan di satu tempat," katanya dikutip dari The Guardian.

"Beberapa meninggal karena tembakan artileri beberapa meninggal karena serangan udara."

"Kuburan massal sedang ditemukan di Izium setelah pembebasan dari (Rusia)" dan menambahkan bahwa "pemakaman terbesar saat ini (situs) memiliki 440 kuburan tak bertanda."

Seorang wartawan Associated Press melihat situs tersebut pada hari Kamis di sebuah hutan di luar Izium.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved