Penegakan Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Balikpapan Gelar Forum Kepatuhan

BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan menggelar forum kepatuhan guna memastikan semua karyawan di badan usaha sudah terdaftar menjadi peserta JKN.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
Forum kepatuhan yang digelar BPJS Kesehatan pada Rabu (7/9/2022) lalu. Kegiatan ini digelar guna memastikan semua karyawan di badan usaha sudah terdaftar menjadi peserta JKN. 

TRIBUNKALTIM.CO - Guna memastikan semua karyawan di badan usaha sudah terdaftar menjadi peserta JKN, BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan bersama Kejaksaan Negeri Balikpapan, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Balikpapan menggelar forum kepatuhan pada Rabu (7/9/2022) lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan sekaligus untuk meningkatkan peningkatan kepatuhan badan usaha dalam program JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto mengatakan, dalam upaya penegakan kepatuhan badan usaha, dukungan dari para pemangku kepentingan sangat diperlukan.

Baca juga: Permudah Akses Pelayanan, BPJS Kesehatan Balikpapan Perkenalkan Layanan Online

Dalam upaya pengawasan yang dilakukan secara bersama, dirinya ingin memastikan bahwa seluruh karyawan di seluruh badan usaha telah terlindungi ke dalam program JKN.

"Kami ingin memastikan semua perusahaan di Kota Balikpapan telah mendaftarkan karyawannya menjadi peserta JKN. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesulitan akses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Jadi, jangan sampai ada karyawan yang nantinya sakit, jadi tidak bisa berobat karena tidak memiliki jaminan kesehatan," ujar Sugiyanto.

Ia menambahkan, sesuai dengan regulasi yang berlaku, pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta JKN.

Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan bantuan dari beberapa stakeholder untuk memastikan hal tersebut.

Selain itu, Sugiyanto juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Balikpapan, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Balikpapan atas dukungannya terhadap keberlangsungan program JKN di Kota Balikpapan.

Baca juga: Rutin Manfaatkan JKN, Bodhi Bersyukur Ada Program BPJS Kesehatan

Pada kesempatan tersebut, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Balikpapan, Muhammad Norman menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen akan terus mendukung program JKN.

"Tentunya kami juga mendukung berjalannya program JKN ini, terutama dalam hal penegakan hukum yang berlaku. Harapan dengan adanya kegiatan ini, kami akan terus bersinergi satu sama lain sehingga tidak ada lagi karyawan di sebuah perusahaan yang tidak terdaftar menjadi peserta JKN. Selain itu juga semua perusahaan dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik," ungkap Norman.

Sebagai informasi, sampai dengan Agustus 2022, sudah ada sebanyak 2.868 perusahaan yang terdaftar pada program JKN dengan total jumlah karyawan sebanyak 319.503 jiwa. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved