Berita Kutim Terkini

Poktan Abadi Jaya di Kongbeng Kutai Timur Jadi Pilot Project Petani Digital 4.0

Kelompok Tani (Poktan) Abadi Jaya, Desa Miau Baru Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi salah satu pilot project Petani Digital 4.0 dalam ra

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Rahmad Taufiq
HO/DISKOMINFO KUTIM
Penggunaan teknologi oleh Poktan Abadi Jaya di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur guna mendeteksi waktu dan cuaca tanam. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Kelompok Tani (Poktan) Abadi Jaya, Desa Miau Baru Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi salah satu pilot project Petani Digital 4.0 dalam rangka pemanfaatan teknologi digital untuk kesejahteraan petani.

Kegiatan tersebut diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Informatika RI bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur.

Perwakilan Dirjen Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo melalui Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna berharap Petani Digital 4.0 dapat memotivasi pemanfaatan teknologi di sektor pertanian.

Jumlah penduduk yang kian meningkat tiap tahunnya menunjukkan bahwa kebutuhan pangan juga akan terus meningkat.

“Tidak dapat dipungkiri juga menambah tantangan lain, karena pandemi telah memukul banyak sektor dan membuat banyak orang kehilangan pekerjaan,” ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Kutim Sosialisasikan SP4N Lapor, Bupati Harapkan Jadi Program Berkelanjutan

Oleh karenanya, upaya transformasi digital terus didorong dan dipercepat agar dapat segera mencari solusi untuk keluar dari krisis.

Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital di sektor pertanian atau sering disebut dengan istilah Smart Farming 4.0.

“Berdasarkan data BPS tahun 2021 sektor pertanian telah berkontribusi dalam menyumbangkan sekitar 13,2 persen dari total pendapatan produk domestik bruto," ujarnya.

Selain itu sektor pertanian juga turut menyerap jumlah tenaga kerja paling tinggi di Indonesia, yaitu tercatat 135 juta penduduk usia kerja.

Sebanyak 30 persen di usia kerja tersebut bekerja di sektor pertanian.

Data ini membuktikan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dan strategis dalam penopang perekonomian.

Baca juga: Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Sejalan dengan tujuan pemerintah dalam menciptakan ekosistem pendukung implementasi teknologi digital yang berkelanjutan.

“Kami memfasilitasi integrasi penggunaan teknologi untuk peningkatan produktivitas, efisiensi dan kualitas layanan gerakan Petani Digital 4.0 yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas sektor pertanian,” ujarnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved