Optimalkan Medsos untuk Promosi, Pupuk Kaltim Gelar Seminar bagi Pegiat Wisata Bontang

Manfaatkan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar seminar sehari

Editor: Syaiful Syafar
HO/PUPUK KALTIM
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar seminar sehari bertajuk Panen Cuan dari Medsos, bagi pengelola wisata binaan Kampung Malahing, serta pegiat pariwisata di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Manfaatkan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar seminar sehari bertajuk "Panen Cuan dari Medsos" bagi pengelola wisata binaan Kampung Malahing, serta pegiat pariwisata Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan.

Kegiatan ini menggandeng Borneos.co, berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Rabu (14/9/2022).

VP TJSL Pupuk Kaltim Anggono Wijaya, mengungkapkan kegiatan ini sebagai kesinambungan upaya Pupuk Kaltim terhadap pembinaan potensi wisata Kota Bontang, khususnya bagi pengelola wisata pesisir Kampung Malahing yang telah berjalan beberapa tahun terakhir pada program 'Better Living in Malahing'.

Besarnya potensi wisata Malahing ditarget makin dikenal luas melalui pemanfaatan media sosial, baik untuk sarana promosi kawasan secara umum maupun potensi ekonomi dari berbagai jenis usaha pendukung pariwisata yang dikelola warga.

"Hal ini lanjutan upaya Pupuk Kaltim membantu percepatan dan pengembangan wisata Kampung Malahing, agar kedepan kawasan pesisir Bontang ini makin dikenal luas dengan kolaborasi multipihak," ujar Anggono.

Baca juga: Sinergi Pupuk Kaltim dan Borneo FC untuk Kemajuan Sepak Bola, dari Kaltim untuk Indonesia dan Dunia

Baca juga: Gelar Trail Run 15K, Pupuk Kaltim Kenalkan Potensi Wisata Kelurahan Guntung

Baca juga: Kembangkan Smart Green House, Pupuk Kaltim Bangun Kawasan Pertanian Terpadu Unggulan di Benua Etam

Selain pendampingan pengelolaan dan pengembangan potensi wisata Kampung Malahing, Pupuk Kaltim juga telah memfasilitasi peningkatan kapasitas anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Tanjung Laut Indah, yang kedepan memiliki peran utama dalam aktivitas promosi serta pengelolaan Kampung Malahing di tingkat Kelurahan.

Selanjutnya, juga akan dibentuk Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKEL), agar seluruh potensi wisata yang ada di Kelurahan Tanjung Laut Indah mampu dikelola dalam satu wadah usaha bersama masyarakat.

"Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka para pengurus yang nantinya terlibat dalam pengelolaan BUMKEL juga didorong memiliki kemampuan pengelolaan media sosial, untuk mendukung keberhasilan pengelolaan badan usaha dalam mempromosikan kawasan wisata yang ada," lanjut Anggono.

Dari kegiatan ini, diharap semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan besarnya potensi pariwisata Kota Bontang, sehingga ke depan bisa dikelola secara masif dengan keterlibatan masyarakat untuk aktif melakukan promosi maupun berkreasi dalam pengembangan sektor wisata.

Salah satunya perluasan manfaat dari usaha pendukung pariwisata, seperti makanan khas hingga produk UMKM yang bisa ditawarkan bagi wisatawan maupun menyasar konsumen dengan pangsa pasar lebih luas melalui pemanfaatan media sosial.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved