Otomotif

Belum Banyak yang Tahu, Segini Loh Suhu AC Mobil yang Ideal biar Irit Bahan Bakar

Kebiasaan menghidupkan AC pada suhu paling dingin atau rendah dalam jangka waktu yang lama membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Ryan
Kebiasaan menghidupkan AC dengan kondisi tertentu membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Begini cara mudah bila Anda ingin menghemat konsumsi BBM. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi maupun non-subsidi jenis Pertalite, Solar dan Pertamax mengalami kenaikan harga sejak 3 September 2022.

Pemerintah menaikkan harga BBM menjadi Rp 10.000 per liter untuk Pertalite, Pertamax dibanderol Rp 14.500 per liter, dan solar dijual Rp 6.800 per liter.

Harga BBM yang naik ini tentu berpengaruh pada budget transportasi, terutama yang menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk menekan ongkos pengeluaran agar tidak semakin membengkak, salah satu memperhatikan penggunaan fitur AC pada mobil.

Baca juga: Tak Perlu Lagi Pusing Harga BBM Naik, Inilah Cara agar Konsumsi BBM Big Skutik Lebih Efisien

Menurut Technical Leader Auto2000, Agus Mustafa, kebiasaan menghidupkan AC pada suhu paling dingin atau rendah dalam jangka waktu yang lama membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

"Komponen AC ada dua sensor yaitu sensor udara di luar dan sensor udara di dalam kabin. Kalau setting suhu di 18 derajat, begitu tidak dingin karena udara di luar panas, kompresor akan selalu aktif," ujar Agus kepada wartawan di Jakarta belum lama ini.

"Kalau kompresor aktif terus tidak pernah putus otomatis akan menambah beban mesin, sehingga konsumsi bahan bakar semakin banyak atau boros," sambungnya.

Untuk itu, Agus menjelaskan cara mudah bila sobat ingin menghemat konsumsi BBM, yakni temperatur suhu AC mobil disetting idealnya berada di 25 derajat.

"Kalau misalnya setting di 25 derajat, di komputer akan membandingkan udara luar dan dalam. Nah pas sensor kabin mendekati 23-24 derajat kompresor dimatikan oleh komputer," ucap Agus.

Baca juga: Simak Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev, Fitur Terbilang Komplet dan Dijamin Anti Pom Bensin

Menurutnya, saat kompresor mati, beban pada mesin akan lebih ringan sehingga konsumsi BBM akan menjadi lebih hemat.

"Begitu kompresor mati, otomatis bebannya enteng dan konsumsi BBM bakal berkurang. Ini tidak hanya berlaku di mobil Toyota saja semua mobil sama," pungkasnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Harga BBM Naik, Segini Loh Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Irit Bahan Bakar, https://www.gridoto.com/read/223477271/harga-bbm-naik-segini-loh-suhu-ac-mobil-yang-ideal-supaya-irit-bahan-bakar?page=all.

 

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved