Berita Pemkab Kutai Kartanegara

26 OPD Unjuk Kebolehan di Festival Miskat, Belasan Istri Camat Tampilkan Miskat Pesta Andalan

TP PKK Kukar bekerja sama dengan Dinas Pariwisata menggelar Festival Miskat untuk menyemarakkan Festival Kota Raja ke-10.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pembukaan Festival Miskat di halaman parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Selasa (20/9/2022) malam. Kegiatan yang digelar TP PKK Kukar bekerja sama dengan Dinas Pariwisata ini untuk menyemarakkan Festival Kota Raja ke-10 dalam rangkaian pesta adat seni budaya Erau 2022. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menyemarakkan Festival Kota Raja (FKR) ke-10 dalam rangkaian pesta adat seni budaya Erau 2022, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata menggelar Festival Miskat.

Miskat adalah salah satu busana adat Kutai yang wajib dikenakan oleh aparatur sipil negara (ASN) Kukar setiap Kamis.

Festival Miskat itu dibuka Asisten Administrasi Umum Pemkab Kukar, Totok Heru Subroto di halaman parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Selasa (20/9/2022) malam.

Baca juga: Tenggarong Kutai Carnival 2022 Digelar, Usung Kostum The Kingdom of Kutai Kartanegara

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Totok menyebutkan, gelaran Festival Miskat 2022 ini merupakan upaya mengenalkan adat budaya Kukar kepada masyarakat lokal maupun internasional, juga untuk menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap produk dalam negeri sebagai upaya mengendalikan laju inflasi di daerah.

"Apalagi, busana miskat yang dilombakan ini nantinya akan menjadi seragam kantor bagi OPD/Instansi masing-masing. Jadi secara tidak langsung turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan UMKM di Kutai Kartanegara," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini berdampak positif, selain sebagai sarana promosi produk khas daerah Kukar yaitu Batik Kukar, juga menumbuhkembangkan sektor UMKM.

Sementara itu Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah mengatakan Festival Miskat 2022 ini dapat terselenggara atas kolaborasi antara TP PKK bersama Dinas Pariwisata Kukar sebagai implementasi kerja sama yang telah ditandatangani bersama.

Baca juga: Biaya Pendidikan Anak-anak ODHA Dirumuskan, KPAD Beri Makanan Tambahan dan Vitamin

Ia berharap, penggunaan miskat bagi ASN Kukar agar digalakkan kembali, karena dua tahun belakangan ini akibat pandemi Covid-19 pemakaian baju miskat setiap Kamis mulai menurun.

Ia juga mengharapkan penggunaan miskat tidak sebatas di lingkup kabupaten, namun hingga ke 18 kecamatan dan desa.

Dari laporan Ketua Panitia Pelaksana Imam Pranawa Utama, terdapat dua kategori dalam Festival Miskat 2022 yaitu katagori miskat kantor atau OPD dan katagori miskat pesta untuk Ketua TP PKK Kecamatan.

Untuk kategori miskat kantor diikuti 26 OPD dan untuk kategori miskat pesta bagi TP PKK kecamatan diikuti 18 kecamatan. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved