Berita Kubar Terkini

Jalan Menuju Kubar Sering Banjir, DPRD Kaltim Panggil Perusahaan untuk Cari Solusi

Banjir yang terjadi di jalur Trans Kalimantan ruas simpang Kajuq-SP 3 Damai daerah Kajuq, Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
ILUSTRASI Banjir di Kampung Lambing dan Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Banjir yang terjadi di jalur Trans Kalimantan ruas simpang Kajuq-SP 3 Damai daerah Kajuq, Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kaltim sepekan yang lalu menyebabkan akses sempat terputus. 

Jalur yang merupakan akses utama penghubung Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Barat dan banyak dipergunakan pengiriman logistik tersebut sempat tersendat.

Mengenai sebabnya, rupanya diketahui dari adanya perusahaan pertambangan yang beroperasi di sekitar jalur berstatus nasional ini.

DPRD Kaltim pun bergerak memanggil para pihak guna merumuskan solusi ke depan agar jalan tersebut tak lagi tergenang air. 

Baca juga: Terus Diperjuangkan, Perbaikan Jalan Rusak di Kutai Barat Akan Diperbaiki Secara Bertahap

Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang mengatakan bahwa banjir terjadi disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

Serta jalur tergenang kondisinya  berupa cekungan yang rawan banjir.

Kondisi banjir sendiri menjadi parah diduga karena aktivitas pihak perusahaan yang beroperasi disekitar jalan trans Kalimantan 

Pihaknya memanggil pihak perusahaan, yang diduga menjadi biang kerok penyebab banjir. 

PT TCM, PT FKP, dan PT TSA diundang dalam rapat dengar pendapat (RDP) Selasa (20/9/2022).

Perwakilan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim juga turut diundang Komisi III untuk membedah persoalan terkait jalan tersebut, serta Dinas ESDM Kaltim.

Baca juga: Pemkab Paser Alokasikan Anggaran Rp 4,8 Miliar Untuk Perbaikan 7 Ruas Jalan Rusak di Tanah Grogot

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved