Komisi II DPRD Kota Balikpapan Dorong Koperasi sebagai Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Suwanto mendorong koperasi sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

TribunKaltim.co/Ary Nindita Intan
Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Suwanto saat menghadiri Sarasehan yang diselenggarakan oleh DKUMKMP di Hotel Horison Sagita, Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar kegiatan sarasehan di Hotel Horison Sagita, Kamis (22/9/2022).

Dalam kegiatan ini, anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Suwanto mendorong koperasi sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Ia menambahkan, pihaknya akan berupaya membangkitkan koperasi di Kota Balikpapan yang nilainya semakin memudar.

"Dalam koperasi terdapat nilai-nilai mulia seperti musyawarah mufakat serta semangat dalam bergotong-royong, tentu melalui koperasi, saya ingin dorong koperasi sebagai penggerak ekonomi kerakyatan," ucapnya.

Baca juga: Bangun Sinergi, DKUMKMP Kota Balikpapan Gelar Sarasehan Perkoperasian 2022

Lanjut Suwanto, pihaknya kini turut memperjuangkan aplikasi marketplace UMKM yang mana nantinya akan ditambahkan aplikasi koperasi.

"Jadi, siap-siap Kota Balikpapan, sedang saya programkan dan sudah berjalan akan ada marketplace UMKM Kota Balikpapan. Dan, ini sudah berhasil, sudah berjalan di Kota Balikpapan dan nantinya aplikasinya akan ditambahi lagi tentang bagaimana aplikasi koperasi di wilayah Kota Balikpapan," imbuhnya.

Selain itu, Suwanto menyampaikan mengenai laporan keuangan dan laporan rapat anggota tahunan (RAT), yang mana jika 3 kali berturut-turut tidak melakukan RAT akan dianggap koperasi yang tidak aktif.

"Apabila, dua atau tiga tahun berturut-turut tidak melakukan RAT atau tidak melakukan pelaporan hasil RAT ke Dinas Koperasi UMKMP, akan dinonaktifkan di ODS online dan sistemnya," ujarnya.

Baca juga: Dekopinda Kota Balikpapan Apresiasi Kegiatan DKUMKMP Guna Membina Koperasi di Kota Balikpapan

Kendati demikian, ia mengimbau kepada seluruh perwakilan koperasi di Kota Balikpapan untuk selalu mengadu permasalahan terkait koperasi, agar koperasi di Kota Balikpapan dapat berkembang.

"Kepada seluruh perwakilan koperasi yang ada di Kota Balikpapan, ayo diskusikan segala macam bentuk keluhan dan permasalahan masyarakat terkait koperasi di Kota Balikpapan dengan kantor dinas, kami Komisi II. Kami selalu siap, hal ini sebagai bentuk untuk mengembangkan koperasi di Kota Balikpapan," tutpnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved