Berita Paser Terkini

Organda Paser Sepakati Ketetapan Tarif Baru Angkutan Berdasarkan Perhitungan Dishub

DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Paser bersama pengusaha angkutan menggelar pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pas

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser menggelar pertemuan dengan DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Paser, serta pengusaha angkutan dalam rangka penyesuaian tarif angkutan yang berlangsung di kantor Doshub Paser, Kamis (22/9/2022). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Paser bersama pengusaha angkutan menggelar pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser.

Pertemuan tersebut dalam rangka membahas penyesuaian tarif angkutan, imbas dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi, berlangsung di kantor Dishub Paser, Kamis (22/9/2022).

Ketua DPC Organda Paser, Sumbar Dwi Praptono menyampaikan dalam rapat tersebut sempat terjadi adu argumentasi dengan Dishub Kabupaten Paser.

"Anggota meminta agar ada sedikit kenaikan tarif angkutan, apalagi sudah 6 tahun terakhir belum ada kenaikan sama sekali meskipun BBM naik terus," jelasnya.

Dalam hal ini, kata Sumbar, Organda Paser telah menyepakati adanya kenaikan tarif angkutan sebagaimana perhitungan dari Dishub Paser.

Baca juga: Selain Sembako, Tarif Angkot dan Speedboat di Penajam Juga Diperkirakan Akan Naik Imbas Kenaikan BBM

"Kalau kami semua acuannya sudah jelas, sepakat pada apa yang ditentukan dalam rapat tadi dengan menghitung tarif berdasarkan kilometer," tambahnya.

Jika di hitung berdasarkan kilometer, ketentuan tarif angkutan perkotaan baik itu jauh maupun dekat maka tarifnya menjadi Rp 13 ribu.

Sementara tarif sebelumnya dengan rute Kilometer 7 ke terminal kota Senaken Tanah Grogot, tarif angkutannya sebesar Rp 10 ribu.

"Jadi ada kenaikan untuk tarif angkutannya jadi Rp 13 ribu, menghitung dari naiknya harga BBM, harga suku cadang, biaya perawatan dan lain-lain," bebernya.

Baca juga: Tarif Angkot Rute Paser-Penajam Rp 70 Ribu per Orang

Dia menjelaskan, permintaan awal dari sopir angkutan agar tarif dinaikkan menjadi Rp15 ribu dengan jarak tempuh per 10 kilometer.

"Namun karena sudah disepakati jadi mau tidak mau kita ikuti, mungkin dari teman-teman agak berat namun akan kita sampaikan hasil dari rapat tadi," tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved