Banjir di Balikpapan

Curah Hujan di Balikpapan Diprediksi Masih Tinggi, BPBD Turunkan Satgas 24 Jam

Kondisi cuaca Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur saat masuk September akan memiliki curah hujan yang tinggi.

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Kawasan hijau di Gala Puncak, Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur yang cerah dan bersih pada Jumat 23 September 2022 pagi. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kondisi cuaca Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur saat masuk September akan memiliki curah hujan yang tinggi. 

Demikian dijelaskan oleh Kepala BPBD, Silvi Rahmadina kepada TribunKaltim.co pada Jumat (23/9/2022). 

Dia mengatakan, berdasarkan data BMKG Kota Balikpapan, pada bulan September ini curah hujan di Balikpapan tergolong tinggi.

Menyikapi hal itu, pihaknya menurunkan satuan tugas yang disiagakan selama 24 jam untuk memonitor jika ada laporan kejadian darurat yang diakibatkan bencana alam.

Baca juga: Banjir di Balikpapan, Ruas Jalan MT Haryono Terendam Air Lagi

Ciri tanah di Balikpapan ini berpasir dengan kontur yang berbukit-bukit. Meskipun curah hujan tidak tinggi, hal itu cukup berbahaya.

"Jadi kami siagakan petugas selama 24 jam yang terbagi dalam beberapa sif untuk berjaga-jaga jika ada laporan warga,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kota Balikpapan, titik rawan longsor di Balikpapan tersebar di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat.

Titik rawan longsor itu rata-rata terletak di kawasan pemukiman padat penduduk dan kawasan perbukitan.

Jika dipersempit cakupannya, maka kelurahan yang rawan longsor adalah Prapatan, Karang Jati, Karang Rejo, Gunung Sari Ilir, Gunung Sari Ulu, Telaga Sari, Gunung Bahagia, Sungai Nangka, Mekarsari, Sepinggan Raya dan kawasan perbukitan lainnya.

Baca juga: Banjir di Balikpapan Usai, Warga Gang Mufakat Sibuk Jemur Kasur di Atap Mobil

Tidak hanya personil dari BPBD, tim SAR juga siaga dan tim lainnya saling bahu membahu untuk memberikan bantuan bencana.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved