Berita Balikpapan Terkini

Geliat Kendaraan Listrik di Kaltim, Polda Kaltim Inisiasi Kesiapan Sarana dan Fasilitas

Tren kendaraan berbasis baterai atau kendaraan listrik mulai menjadi sorotan, tak terkecuali di Kaltim.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan . (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Tren kendaraan berbasis baterai atau kendaraan listrik mulai menjadi sorotan.

Tak terkecuali di Kaltim. Bahkan beberapa mobil listrik sudah mulai beredar di jalan raya di Balikpapan.

Polda Kaltim berupaya menginisiasi kebutuhan para pengguna. Mulai dari kepentingan registrasi hingga persoalan yang mungkin ditemui bagi kendaraan listrik.

"Kaitannya dengan persiapan infrastruktur untuk baterainya. Kami sudah koordinasi dengan beberapa stakeholder, mulai dari PLN Jasamarga," terang Ditlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan.

Baca juga: Cerita Sekelompok Pemuda di Balikpapan Lirik Peluang Usaha Bidang Information Technology

Sebagai tahap awal, lanjut dia, akan disiapkan tempat parkiran terlebih dahulu. Disamping itu juga, misalnya, tempat pengisian bagi kendaraan listrik.

Berikutnya juga terkait pengadaan kendaraan listrik. Dalam hal ini, siapa saja yang akan mengimportir selaku pemegang merk kendaraan, turut perlu disiapkan.

"Nah kebetulan di G20 itu Korlantas Polri menjadi pengawal kegiatan menggunakan kendaraan listrik. Mudah-mudahan apabila nanti dari kegiatan G20 tersebut kita bisa dialokasikan untuk wilayah Kaltim," cetusnya.

Baca juga: Dicurigai Hendak Beraksi, 3 Pemuda Diduga Menggondol Onderdil Motor di Stadion Batakan Balikpapan

Namun begitu, menyoal registrasi identifikasi kepolisian terkait kendaraan listrik, lanjutnya, sudah berjalan. Ia menyebut, tidak ada masalah.

"Sudah berjalan kalo regis-nya. Beberapa masyarakat kita juga sudah menggunakan itu di jalan, sudah ada puluhan lah kira-kira," tandasnya.

Karenanya, dalam hal kendaraan listrik ialah mengenai sarana fasilitas. Dimana hal itu dilakukan secara bertahap dan simultan. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved