IKN Nusantara

Potensi Kebutuhan di IKN Nusantara Capai 21 Juta Ton, Semen Indonesia Siap Ekspansi

Potensi kebutuhan di IKN Nusantara capai 21 juta ton, Semen Indonesia siap ekspansi

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Sandrio

TRIBUNKALTIM.CO - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) memiliki prospek cerah seiring ekspansi menuju IKN Nusantara atau Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Penjualan semen SMGR diramal bakal meningkat untuk mencukupi kebutuhan pembangunan infrastruktur.

"Kami akan ikut proyek itu sebagai BUMN dan produsen semen terbesar di Indonesia tentu kami akan partisipasi di proyek IKN,” kata Aulia Mulki Oemar, Direktur Bisnis dan Pemasaran SMGR dalam paparan publik, Jumat (16/9).

Aulia bilang, partisipasi SMGR di IKN adalah bentuk kontribusi sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

SMGR melihat peluang permintaan semen di IKN Nusantara bisa mencapai 21 juta ton untuk konstruksi hingga pembangunan selesai efektif pada 2045.

Analis Ciptadana Sekuritas Asia Michael Filbery memandang positif rencana SMGR untuk berkontribusi pada penyediaan kebutuhan semen di proyek IKN tersebut.

Baca juga: Punya Training Center di IKN Nusantara, Pemain Timnas Indonesia Bisa Tiru Ronaldo

Baca juga: Pemetaan Kerjasama Belanda dan Kaltim dalam Kaitan Pemindahan Ibu Kota Negara RI

Baca juga: Siap-Siap, Pemetaan 60 Ribu ASN yang Pindah ke IKN Nusantara Rampung Pekan Depan

Namun, untuk tiga tahun pertama proyek tersebut dinilai belum akan berdampak signifikan pada pertumbuhan penjualan SMGR. Karena kebutuhan semen tahun 2022-2024 diperkirakan hanya sekitar 1,6 juta ton.

"Kebutuhan semen untuk proyek IKN baru mulai signifikan di periode 2024-2029 mencapai 4 juta ton," ungkap Michael kepada Kontan.co.id, Kamis (22/9).

Tetapi, Michael menilai, bergabungnya SMGR ke proyek IKN sudah menjadi inisiasi yang bagus untuk mengamankan potensi pertumbuhan penjualan semen Semen Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Apalagi, Semen Indonesia punya posisi yang cukup kuat di pasar semen, didukung juga dengan strategi distribusi yang ekstensif, akan sangat mendukung SMGR berkontribusi di IKN.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved