Berita DPRD Kukar

DPRD Kukar dan Kejari Teken Kerja Sama Penanganan Hukum Perdata

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) meneken kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar.

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) meneken kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) meneken kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kukar.

Perjanjian Kerja Sama tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara itu ditandatangani pada Jumat (23/9/2022). 

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid menyambut baik program kerja sama tersebut, terutama dengan kompleksnya urusan hukum di DPRD Kukar.

Ia berharap hadirnya perjanjian kerja sama tersebut dapat membantu tugas kedewanan, terutama yang berkaitan dengan masalah hukum. 

“Tidak semua anggota DPRD ini memiliki latar hukum. Oleh karena itu sangat penting sekali ada langkah-langkah yang harus kita tempuh seperti ini,” ujarnya.

Baca juga: Sukses Kenalkan Desainer Lokal, DPRD Kukar Beri Apresiasi Pelaksanaan Festival Kota Raja 2022

Sekadar diketahui, perjanjian kerja sama ini merupakan bagian dari program nasional. Mekanismenya dalam bentuk bantuan hukum yang disediakan dari kejaksaan bagi pihak legislatif.

Salah satu contohnya, apabila DPRD Kukar memiliki perkara hukum perdata maupun tata usaha negara, maka Kejari Kukar akan mewakili secara litigasi atau pun nonlitigasi.

Selain itu, DPRD Kukar juga bakal mendapat bantuan dalam hal pendapat dan masukan. Apalagi perkara yang sering dihadapi di Kukar cenderung berkaitan dengan masalah lahan ataupun PHK.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan sekarang ini sesuai dengan harapan kita, yakni membantu tugas kedewanan di Kukar,” ucap Politisi Partai Golkar itu.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kukar, Tommy Kristanto menyebutkan perjanjian kerja sama untuk memaksimalkan tugas fungsi kejaksaan.

Baca juga: DPRD Kukar Lirik Potensi Tanaman Daun Talas Beneng, Bisa Diekspor dan Hasilkan Cuan

Ia berharap komunikasi maupun koordinasi bisa terus berjalan dengan baik, apalagi dengan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Menyambut IKN, akan banyak masalah yang berhubungan dengan pertanahan. Kami harap tidak ada masalah, tapi kalaupun ada, kami sudah punya saran untuk melakukan bantuan hukum,” tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved