Berita DPRD Kukar

Sukses Kenalkan Desainer Lokal, DPRD Kukar Beri Apresiasi Pelaksanaan Festival Kota Raja 2022

Festival Kota Raja yang digelar di Tenggarong menjadi salah satu kegiatan terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar, Didik Agung Eko Wahono menghadiri penutupan Festival Kota Raja 2022. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Festival Kota Raja yang digelar di Tenggarong menjadi salah satu kegiatan terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 23 September 2022 itu sukses mengenalkan desainer lokal dan dimeriahkan oleh beberapa agenda kegiatan.

Di antaranya, Gowes Wisata yang diikuti 600 lebih peserta dari berbagai daerah dan Showtime Tenggarong Kutai Carnival (TKC) dengan tagline “The Kingdom of Kutai Kartanegara”.

Selain itu, budaya khas daerah seperti tari dan musik tradisional juga turut ditampilkan dalam memeriahkan Festival Kota Raja di Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu mendapat apresiasi langsung dari Wakil Ketua DPRD Kukar, Didik Agung Eko Wahono.

Baca juga: SDIT di Samboja Terhambat Izin Operasional, Komisi IV DPRD Kukar Carikan Solusi

Ia mengatakan, acara ini disebut menjadi daya tarik bagi masyaraka sekitar dan memberi dampak untuk membangkitkan perekonomian.

"Ini bagian dari Kukar Kaya Festival, saya sebagai anggota dewan sangat mendukung. Tahun depan, semoga bisa terus berkolaborasi mengenalkan budaya Kukar," ujarnya, Jumat (23/9/2022) malam.

Festival Kota Raja 2022 ini juga memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat Kukar, khususnya kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menenggah (UMKM).

Sebab, selama lima hari berlangsungnya acara tentu ekonomi para pelaku UMKM menggeliat, lantaran diyakini transaksi jual beli semakin meningkat.

Apalagi di penghujung acara ada penampilan dari beberapa artis dangdut Ibu Kota dan menampilkan pagelaran fashion di panggung utama.

Baca juga: DPRD Kukar Lirik Potensi Tanaman Daun Talas Beneng, Bisa Diekspor dan Hasilkan Cuan

Didik berharap, Festival Kota Raja bisa menjadi tolok ukur berkembangnya industri kreatif di Kutai Kartanegara.

"Ini juga menjadi cara memperkenalkan desainer asli Kukar. Harapan kita bukan hanya nasional, tetapi juga mendunia. Diharapkan, bisa jadi cikal bakal munculnya desainer lain," ucap Politisi Partai PDI Perjuangan itu. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved