Berita Kutim Terkini

Pengguna Fuel Card di Kutim Harus Taat Pajak Kendaraan, Lolos Uji Layak Jalan dan STNK Hidup

Sama seperti daerah lain di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Kutai Timur (Kutim) juga menerapkan penggunaan fuel card atau kartu Bahan Ba

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Ilustrasi SPBU di Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutim. Dalam waktu dekat, Kutim turut menerapkan fuel card untuk transaksi pembelian BBM. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Sama seperti daerah lain di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Kutai Timur (Kutim) juga menerapkan penggunaan Fuel Card atau kartu Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain mempermudah transaksi pembelian BBM, penggunaan Fuel Card juga sebagai bentuk pengawasan penyaluran BBM solar subsidi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kendati demikian, pemberian Fuel Card juga disertai dengan syarat dan ketentuan, salah satunya taat pajak kendaraan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Kabupaten Kutim, Zubair mengatakan, pemberian fuel card diperuntukkan bagi kendaraan yang taat memperbaharui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) nya.

Pemilik kendaraan yang STNK nya sudah mati dan uji berkala/KIR sudah mati, memang tidak diberikan kartu Fuel Card.

Baca juga: Pemkot Bontang Larang Pengguna Fuel Card Berwarna Merah Isi BBM di SPBU Dalam Kota

“Kalau perlu mobil mereka tidak jalan. Karena kitakan melakukan perbaikan, jalankan sumber anggarannya dari pajak kendaraan itu. Ini biasanya yang nggak bayar pajak makin menguasai jalan,” ucapnya pada TribunKaltim.co.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim, Joko Suripto menyebutkan pendaftar fuel card di Kutim saat ini sudah mencapai 976 penerima fuel card.

Jumlah tersebut dari total penerima sebanyak kurang lebih 1.191 kendaraan yang diajukan untuk mengikuti persyaratan uji layak jalan atau KIR.

“Sementara dari 1.191 kendaraan itu, terdapat nota froad sebanyak kurang lebih 106 kendaraan, kemudian yang STNK mati ada 109 kendaraan,” ucap Joko.

Baca juga: Fuel Card di PPU Resmi Diterapkan, Pengetap Tak Bisa Lagi Ambil Solar Seenaknya di SPBU

Dalam pengadaan Fuel Card, Dishub berperan untuk melakukan verifikasi kendaraan yang akan mendapatkan fuel card sehingga kuota BBM disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan tersebut.

Setelah verifikasi, pengguna kendaraan bisa mendapatkan fuel card untuk kemudian melakukan deposit dengan bank yang telah bekerja sama dengan fuel card. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved