Berita Kukar Terkini

Jadi Komoditas Unggulan, Tanaman Karet di Kutai Kartanegara Potensial untuk Diekspor

Sebanyak 15 komoditas unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur akan dikembangkan untuk ekspor, salah satunya karet.

DOK/TRIBUNKALTIM.CO
Ilustrasi perkebunan karet di Kalimantan Timur yang berpotensi untuk diekspor. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 15 komoditas unggulan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur akan dikembangkan untuk ekspor, salah satunya karet.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Kukar, Sayid Fathullah mengatakan, pihaknya tengah menggali potensi ekspor komoditas unggulan.

Secara bertahap, Disperindag Kukar akan mempertemukan para petani karet dengan mitra usaha, baik di dalam maupun yang ada di luar Kukar.

Hal ini bertujuan agar para petani mendapat manfaat dan harga jual yang wajar, sehingga memudahkan mereka mengembangkan dan mendistribusikan produknya.

"Kegiatan ini juga bisa menjadi momen bertemunya para Kepala Desa (Kades), BUMDes dan wilayah penghasil karet di Kukar," ujarnya, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Panen Perdana Kebun Karet di Desa Prangat Baru, Bupati Edi Apresiasi Pengelolaannya oleh Bumdes

Menurut Sayid, program peningkatan penghidupan petani karet melalui kemitraan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi karet rakyat.

Program ini diyakini mampu meningkatkan perekonomian petani karet dengan memanfaatkan peran penting sektor swasta.

Selain itu, dengan melakukan penguatan produk untuk eskpor, maka akan memperkuat rantai nilai usaha agrobisnis karet perkebunan.

"Tentunya dengan tetap berkontribusi dalam pelestarian dan menciptakan lingkungan yang lebih baik," kata Sayid Fathullah.

Berdasarkan data yang dihimpun, Kutai Kartanegera memiliki tanaman perkebunan seluas 266.439 hektare atau 19 persen dari total luas perkebunan di Kalimantan Timur.

Tanaman perkebunan yang dikembangkan masyarakat Kukar terdiri dari 8 jenis, selain tanaman kelapa sawit, ada juga karet, kakao, kelapa dalam, lada, kopi, aren dan kemiri.

Baca juga: Pesan Gubernur untuk Petani Karet di Kutai Barat, Optimistis Seperti Ban Pesawat

Sementara, tanaman perkebunan yang juga diminati masyarakat Kukar adalah karet.

Luas kebun karet di Kukar pada akhir tahun 2019 ada 21.003 hektare dengan total produksi setahun 9.951 ton atau rata-rata 1,003 ton per hektare.

Jumlah masyarakat Kukar yang bekerja di kebun karet juga banyak, ada 10.564 orang. Dalam 4 tahun terakhir luas perkebunan di Kukar terus meningkat. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved