Berita Paser Terkini

Peringati Hantaru ke-62 Tahun, BPN Paser Serahkan Sejumlah Sertifikat Tanah ke Pemerintah Daerah

Peringati Hari Agraria dan Tata Ruang ke-62, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser serahkan sejumlah sertifikat ke Pemkab Paser

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser Zubaidi saat menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada Bupati Paser Fahmi Fadli di Kantor BPN Paser, Kecamatan Tanah Grogot, Senin (26/9/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dalam memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke-62 , Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Paser serahkan sejumlah sertifikat tanah ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Sebelum penyerahan sertifikat tanah, terlebih dahulu dilakukan upacara peringatan Hantaru yang dipimpin oleh Bupati Paser Fahmi Fadli di lapangan kantor BPN Kabupaten Paser, Senin (26/9/2022).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengajak BPN Paser untuk bersama-sama melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Hal itu dalam rangka penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan reforma agraria, serta pemberantasan mafia tanah dan mendukung percepatan pembangunan IKN," jelasnya.

Baca juga: Pimpin Upacara Pemakaman Ridwan Suwidi, dr Fahmi Fadli: Paser Kehilangan Sosok Pemimpin Berkharisma

Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya program PTSL telah mendapat loncatan yang sangat signifikan yaitu dalam kurun waktu 5 tahun.

Dijelaskan, dengan begitu capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL.

"Saat ini, capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7 persen. Untuk mencapai target 100 persen pada tahun 2025 yang harus menyusun strategi yang terbaik," papar Fahmi.

Ia mengingatkan, pentingnya mengejar target PTSL namun yang tak kalah penting ialah menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Baca juga: Pimpin Upacara Pemakaman Ridwan Suwidi, dr Fahmi Fadli: Paser Kehilangan Sosok Pemimpin Berkharisma

"Sehingga kedepannya tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari," tandas Bupati Paser.

Sementara itu, Kepala BPN Paser Zubaidi menyampaikan pada HUT HANTARU ke-62 ini mengusung tema harmonisasi pertanahan dan tata ruang demi pembangunan yang berkelanjutan.

"Klau kita lihat dari temanya itu, terpenting mengenai pelayanan BPN dan kaitannya dengan tata ruang yang memang harus berkaitan, karena selama ini di tata ruang kita ini perlu di revisi utamanya di Paser," jelasnya.

Selain itu, kata Zubaidi dilakukan penyerahan sertifikat kepada Pemda berupa aset Pemda yang berbentuk hibah.

Seperti halnya penyerahan sertifikat tanah yang direncanakan untuk pariwisata Gunung Embun, di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu.

Baca juga: Kebutuhan Meja Kursi Capai 6.000 Pasang untuk SD dan SMP di Penajam Paser Utara

"Kita serahkan sertifikat tanah yang direncanakan untuk wisata Gunung Embun seluas 10 hektare," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved