Bantuan Sosial

Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu Online di cekbansos.kemensos.go.id, Cara Mendapatkan dan Link Daftar

Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, cara mendapatkan dan link daftar.

Editor: Doan Pardede
Instagram Kemensos RI
BLT BBM 2022 - Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, cara mendapatkan dan link daftar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, cara mendapatkan dan link daftar.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan tiga jenis bansos sekaligus kepada keluarga miskin, yakni PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM pada bulan September 2022 ini. 

Agar tak salah, simak lagi cara cek penerima BLT BBM Rp600 ribu online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, cara mendapatkan dan link daftar.

Penyaluran bansos PKH, BPNT Kartu Sembako dan BLT BBM tersebut dilakukan kepada keluarga miskin yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Baca juga: Lengkap Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Rp 600 ribu Online di cekbansos.kemensos.go.id, Syarat Daftar

Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp12,4 triliun untuk BLT sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM.

Nantinya, dana tersebut akan disalurkan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu.

Masyarakat bisa memantau apakah bansos sudah disalurkan atau belum melalui aplikasi Cek Bansos.

CEK BANSOS KEMENSOS - Penyaluran BLT BBM di Kontor Kelurahan Bontang Kuala, Kalimantan Timur. Segera login cekbansos.kemensos.go.id dan simak cara cek BLT BBM Rp 600 ribu, cara ajukan atau cara mendapatkan BLT Subsidi BBM.
BLT BBM - Penyaluran BLT BBM di Kontor Kelurahan Bontang Kuala, Kalimantan Timur. Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu online lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, cara mendapatkan dan link daftar.(TRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN)

Segera daftarkan diri ke DTKS secara online di aplikasi Cek Bansos agar mendapat bansos PKH, BPNT Kartu Sembako atau BLT BBM dan bila dilakukan lewat HP.

DTKS itu sendiri merupakan basis data yang digunakan Kemensos untuk menyalurkan bansos kepada keluarga miskin atau rentan miskin agar tepat sasaran.

Hampir semua program bansos yang disediakan Kemensos menggunakan DTKS sebagai basis data dalam penyaluran bantuan, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bahkan BLT BBM yang baru saja disalurkan pemerintah.

Masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri ke DTKS agar bisa terdata menjadi penerima bansos.

Pendaftaran tersebut sebetulnya bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kelurahan setempat, atau juga bisa secara online dengan menggunakan HP.

Untuk pendaftaran secara online, terdapat beberapa tahap yang bisa dilakukan yaitu pembuatan akun, pengajuan diri ke DTKS dan pengecekkan secara berkala.

1. Pembuatan Akun

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved