Berita Balikpapan Terkini

Disporapar Akan Gelar Balikpapan Fest 2022, Hadirkan Fashion Show Hingga Fertival Band

Rangkaian kegiatan tersebut akan dihelat melalui event Balikpapan Fest 2022 yang mengangkat tema “Nusantara Kita”

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Jumpa pers Disporapar Balikpapan dengan awak media terkait event Balikpapan Fest 2022.TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Pemerintah Kota  Balikpapan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan menggelar sebuah rangkaian kegiatan , dalam memperingati Hari Pariwisata Dunia (27 September 2022) dan Hari Batik Nasional (2 Oktober 2022).

Rangkaian kegiatan tersebut akan dihelat melalui event Balikpapan Fest 2022 yang mengangkat tema “Nusantara Kita” dan berlangsung pada 30 September-2 Oktober 2022.

“Bersamaan pada hari ini adalah Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), kami melalui Disporapar berharap pariwisata di Kota Balikpapan bisa kita suguhkan dengan nuansa yang berbasis kemasyarakatan serta berkelanjutan,” ungkap C. I. Ratih Kusuma selaku Kadisporapar Kota Balikpapan.

“Tidak saja jumlah (wisatanya) namun lebih kepada kualitasnya,” tambahnya.

Baca juga: Teruna Dara dan Puteri Pariwisata Kukar 2022 Digelar, Ajak Kaum Milenial Kenali Potensi Wisata

Baca juga: IKN Nusantara Dibagi Jadi 9 Wilayah, 3 Daerah Jadi Lokasi Pariwisata Ibu Kota Baru

Baca juga: Tingkatkan SDM Pelaku Pariwisata dan Ekraf, Wabup Yohanes Avun Buka Pelatihan Membatik

Mengangkat tema Nusantara Kita ini, Disporapar melihat keterkaitan Kota Balikpapan dalam menopang dan menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Balikpapan Fest 2022 ini akan menghadirkan beragam kegiatan, diantaranya adalah fashion show, festival band, kuliner Nusantara, Choral Orchestra Folklore (COF) dan Barista Competition.

“Karena Balikpapan juga akan menjadi penyangga IKN. Tentunya, secara keseluruhan dengan keanekaragaman masyarakat, kita bisa menyuguhkan wisata maupun ekonomi kreatif yang berdampak pada peningkatan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan,” terang Ratih.

“Kemudian, sebagai penyangga IKN pun kita harus menjadi pelakunya, jangan hanya menjadi penonton di kota kita sendiri,” tegasnya.

Fashion show tersebut nantinya akan mengangkat produk dari karya para desainer lokal dengan tema Batik Balikpapan/Kalimantan.

Kemudian, di bidang musik melalui festival band ini merupakan salah satu upaya Disporapar untuk mengangkat potensi anak-anak muda, pelajar dan masyarakat.

Kuliner Nusantara sendiri nantinya akan melibatkan beberapa paguyuban dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dengan mengangkat kuliner Nusantara maupun kuliner ekonomi kreatif.

Sementara, untuk COF ini nantinya akan ada lomba paduan suara yang bertempat di Gedung Kesenian Balikpapan dan Nusantara Barista Championship yang akan bertempat di Plaza Balikpapan.

“Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan,” tandas Ratih.

Ratih menyebut, pihaknya memang dengan sengaja mengkombinasikan berbagai rangkaian kegiatan sehingga dapat menciptakan kolaborasi positif di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: IMI Kukar Gelar Open Race, Bupati: Bermanfaat untuk UMKM dan Pariwisata

“Saya ingin melihat bagaimana mereka bisa berkolaborasi sehingga dapat menyajikan sesuatu yang dapat dinikmati masyarakat.

Selain itu, ada beberapa pesertanya yang juga berasal dari berbagai daerah, seperti contohnya saja Samarinda, Penajam Paser Utara dan bahkan Makassar,” tutupnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved