Berita Kubar Terkini

Gandeng Pramuka, Bawaslu Kutai Barat Bentuk Saka Adhiyasta Pemilu

Tak hanya dalam sosialisasi, bahkan Bawaslu akan membentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta Pemilu, yang akan melibatkan langsung para anggota Pramuka

Penulis: Febriawan | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Ketua Bawaslu Kubar dan Ketua  pPramuka Kwartir Cabang  Kubar Yonavia Sahadi  Melakukan MOU, Selasaa (27/9/2022) TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR– Berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 yang jujur adil dan berintegritas, Selasa (27/9/2022), Pramuka Kwartir Cabang Kutai Barat ( Kubar ) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bawaslu Kabupaten Kubar. 

Tak hanya dalam sosialisasi, bahkan Bawaslu akan membentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta Pemilu, yang akan melibatkan langsung para anggota Pramuka di Kutai Barat.

Salah satu poin dalam MoU tersebut, adalah pembentukan Saka Adhiyasta di Bawaslu Kabupaten Kutai Barat. Pembentukan Saka Adhiyasta tersebut.

seperti dijelaskan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutai Barat Yonavia Sahadi mengungkapkan, bertujuan untuk menyiapkan generasi muda melalui Gerakan Pramuka dalam ikut serta melakukan pengawasan partisipatif secara aktif terhadap jalannya Pemilu. 

Baca juga: Bupati Kubar FX Yapan Terpilih Ketua IKA Untag 1945 

Baca juga: Polisi Selidiki Kebakaran SPBU di Muara Lawa Kubar Akibatkan Korban Luka-luka dan 4 Kendaraan Hangus

Baca juga: Dispora Kubar Minta Sekolah Beri Dispensasi Belajar yang Ikut Popda Paser Agar Fokus Berlatih

Hal ini merupakan persiapan Bawaslu dalam menyambut Pemilu Serentak Tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Yonavia Sahadi mengatakan, Kwarcab Kutai Barat menyambut baik rencana Bawaslu Kabupaten Kutai Barat dalam membentuk Saka Adhiyasta. Bahkan disebutkannya ini merupakan Saka di Bawaslu yang pertama kali dibentuk, utamanya di Kalimantan Timur.

Ia menjelaskan, Saka Adhiyasta tersebut nantinya akan melibatkan Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Disamping itu Saka Adhiyasta juga akan melibatkan alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Kabupaten Kutai Barat, bekerja sama dengan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu.

Menurutnya, kerja sama dengan Gerakan Pramuka dilakukan dalam rangka proses pencegahan dan sosialisasi pengawasan pemilu 2024 di Kutai Barat.

Melalui MoU dan pembentukan Saka ini,, dalam rangka menggandeng generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka untuk berpartisipasi mensukseskan pemilu 2024, serta peningkatan pendidikan politik pada anak muda yang tergabung di Gerakan Pramuka usia Pembina dan Penegak.

Ia menuturkan, Saka Adhyasta Pemilu dibentuk untuk menguatkan program kerja sama dan pembinaan terhadap generasi muda, yang unggul dan dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung demokrasi pancasila pada setiap pemilu dan pemihan di masa depan.

Baca juga: Optimalkan Pengelolaan Sampah di TPA Belaw, Pemkab Kubar Akan Perbaiki dan Lengkapi Fasilitas

Bawaslu Kabupaten Kutai Barat akan berkomitmen terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Kabupaten Kutai Barat,  terhadap pemahaman politik dengan penyusunan program-program pada ke Sakaan Adyasta Pemilu, sebagai wadah pendidikan yang lebih interaktif dalam memahami kepemiluan khususnya generasi muda dan masyarakat pada umumnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved