Berita Kukar Terkini

Meriahkan Erau 2022, Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Olahraga Tradisional di Kukar

Sebanyak 1.500 peserta mengikuti perlombaan olahraga tradisional dalam rangka memeriahkan Pesta Adat Erau tahun 2022 di Kutai Kartanegara.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Suasana perlombaan olahraga tradisional begasing dalam rangka memeriahkan Erau tahun 2022 di Kutai Kartanegara. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 1.500 peserta mengikuti perlombaan olahraga tradisional dalam rangka memeriahkan Pesta Adat Erau tahun 2022 di Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

"Total, ada 10 jenis olahraga tradisional yang diperlombakan dengan 1.500 perserta yang memeriahkan," kata Ketua KORMI Kukar, Lukman, Selasa (27/9/2022).

Perlombaan tersebut di antaranya, Begasing, Belogo, Engrang, Ketapel, Panahan, Dagongan, Behempas Bantal, Kelom Panjang, Hadang, dan Menyumpit.

Lukman menjelaskan, pelaksanaan lomba olahraga tradisional di Kutai Kartanegara dilakukan di beberapa titik lokasi.

Baca juga: Tiang Ayu Berdiri Pertanda Erau Adat Pelas Benua 2022 di Kutai Kartanegara Dimulai

Namun, karena kegiatan ini untuk memeriahkan Erau, maka beberapa lokasi yang dipilih sebagai tempat perlombaan, titiknya berdekatan dengan Museum Mulawarman.

"Jadi lomba ini dilaksanakan di halaman museum, halaman planetarium, jalan Tepian Pandan, dan Lapangan Bola Pemuda Panji," ujar Lukman.

Sekadar diketahui, pelaksanaan perlombaan olahraga tradisional ini berlangsung selama lima hari dan sudah dimulai sejak 25-29 September 2022.

Antusiasme peserta cukup tinggi. Pasalnya, mereka bukan hanya berasal dari beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara, melainkan ada peserta dari daerah lain.

Baca juga: Ribuan Warga Saksikan Pembukaan Erau Adat Pelas Benua 2022 di Kutai Kartanegara

Beberapa peserta olahraga tradisional dari kabupaten/kota di Kalimantan Timur itu berasal dari Bontang, Kutai Timur, dan Samarinda. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved