Berita Samarinda Terkini

2 Deputi di Badan Otorita IKN Akan Dijabat dari Lokal Kaltim, Dhony Rahajoe Beber Kriterianya

2 Deputi yang akan menjabat di Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) diamanatkan Presiden RI Joko Widodo untuk diisi masyarakat lokal dari Kaltim.

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY
Wakil Kepala Badan OIKN saat ditemui di sela kegiatannya di Kota Samarinda, Kaltim, Selasa (27/9/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD FAIROUSSANIY) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dua Deputi yang akan menjabat di Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) diamanatkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk diisi masyarakat lokal dari Kalimantan Timur.

Wakil Kepala OIKN, Dhony Rahajoe saat ditemui di Kota Samarinda sendiri mengungkap sosok kriteria yang diharapkan. 

Ketentuan mengenai Organisasi dan Tata Kerja OIKN tertuang di Peraturan Kepala OIKN Nomor 1 Tahun 2022 tertanggal 9 September 2022. 

Peraturan ini jadi acuan penetapan struktur organisasi OIKN serta pengisian jabatan atau perangkat di bawah Kepala dan Wakil Kepala OIKN.

Baca juga: Syarat Nasdem pada Anies Baswedan Jika Diusung Jadi Capres 2024, IKN Nusantara Kaltim Disinggung

Perangkat organisasi di bawah Kepala dan Wakil Kepala Badan OIKN terdiri atas Sekretariat, tujuh Deputi, serta Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan.

Penentuan jumlah Deputi didasarkan pada analisis organisasi dan beban kerja.

Ini juga merujuk pada ketentuan Peraturan Presiden (PP) Nomor 62 Tahun 2022 tentang OIKN yang menyebut paling sedikit dua Deputi diutamakan dari unsur masyarakat lokal di Kalimantan Timur.

"Sudah ada rekomendasi, Insyaa Allah, ini kan sudah banyak juga di tim transisi ya (dari lokal Kaltim)," terang Dhony, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Gawat, Mafia Tanah Berani Kuasai Lahan Pengembangan IKN Nusantara, KIPP Sudah Beres

Kriteria sendiri, Dhony berharap dua Deputi asal Kaltim nantinya dapat membantu pelaksanaan tugas OIKN dalam kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta pengembangan IKN dengan daerah mitra sekitarnya.

Individu dan organisasi yang lincah serta profesional untuk menjawab tantangan masa depan, pasalnya pembangunan IKN yang merupakan kota masa depan Indonesia, sangat dibutuhkan orang yang punya dedikasi tinggi.

"Kriterianya orang yang bekerja dengan hati, dengan akalnya, dan dengan fisik yang baik ya itu saja dari saya," harap Dhony.

Baca juga: IKN Nusantara Diresmikan 2024, Bagaimana Nasib Aset Pemerintah Rp 1.400 T di Jakarta?

Dhony enggan menjawab siapa sosok dua Deputi dari Kaltim yang akan menduduki jabatan tersebut.

Publik diminta menunggu untuk nantinya akan sesegera mungkin diumumkan dan mengetahui tugas yang akan diemban oleh dua Deputi tersebut.

"Pada saatnya juga kita akan umumkan, sesuai Pak Presiden kita diamanatkan dua dari lokal. Bisa professional, akademisi, dan semua, terbuka (untuk semua)," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved