Berita Kaltim Terkini

Festival 3 Danau Akan Digelar, Dispar Kaltim Sebut Untuk Perkenalkan Destinasi di Kukar

Festival 3 Danau akan digelar di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) pada 30 September - 2 Oktober 2022 mendatang

Penulis: Muhammad Riduan | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN
Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat menjelaskan terkait Festival 3 Danau, di kawasan Jalan Danau Semayang, Samarinda, Kaltim, Selasa (28/9/2022) malam.TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD RIDUAN 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Festival 3 Danau akan digelar di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) pada 30 September - 2 Oktober 2022 mendatang.

Kegiatan yang puncak acaranya nanti akan diadakan di Desa Semayang tersebut, diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim.

Awang Khalik, Kasi Pengembangan Ruang Kreasi Dispar Kaltim menerangkan bahwa Festival 3 Danau yakni Danau Semayang, Danau Jempang dan Danau Melintang.

Itu diadakan sebagai visi misi dari Gubernur Provinsi Kaltim, Isran Noor untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Pada Festival 3 Danau ini, Dispar Kaltim mengangkat tema The Lake And The Spirit Of Arts In Appretiation Of World Tourism Day," ungkapnya kepada TribunKaltim.Co.

Baca juga: Danau Sapan Ikon Wisata dari Kecamatan Sandaran Kutim, Air yang Jernih Jadi Daya Tarik Pengunjung

Baca juga: Menjadi Salah Satu Tujuan Favorit saat Musim Liburan Tiba, Ini 5 Tempat Wisata di Pangururan Samosir

Baca juga: Wisata Belanja Bankaltimtara di Kota Samarinda Aktif Kembali, Tuai Respon Positif Dari Masyarakat

Lebih lanjut, Awang karibnya menjelaskan dipilihnya tema tersebut lantaran bahwa selama ini ketiga danau belum terexplore hingga keluar daerah.

Maka dengan melalui gelaran Festival tersebut, pihaknya dapat memperkenalkannya sehingga destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kukar itu bisa di exsplore oleh wisatawan.

"Karena selama ini baru dokumentasi dan tari saja yang kita lakukan, belum ada karya yang terinsipirasi dari ketiga danau ini," terangnya yang ditemui di Jalan Danau Semayang.

Pihaknya pun menargetkan dengan adanya festival 3 Danau tersebut, juga membantu perkembangan wisata di sana agar terus meningkat lagi ke depannya.

"Kami targetkan festival 3 danau otomatis perkembangan wisata disana meningkat dan perputaran ekonomi masyarakat bisa bertambah," ucapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi juga memberikan komentarnya terkait Festival itu.

Baca juga: Festival Luuq Melapeh di Kampung Linggang Melapeh Meriah, Ayo Promosikan Wisata Kubar di Medsos

Menurutnya, dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) bisa menjadi magnet untuk seluruh masyarakat Indonesia bisa datang ke Kaltim menikmati wisata di Kaltim.

"Kaltim siap dengan segala aspek dan bidang sehingga bisa menjadikan Festival 3 Danau menjadi salah unggulan dalam pengembangan ekonomi," ucapnya menambahkan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved