Berita Paser Terkini

Usai Ikuti Pusdiklat di Ciracas, 12 Petugas Damkar Kabupaten Paser Kantongi Sertifikat

Terdapat 12 petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser telah mengantongi sertifikat, usai mengikuti serangkaian pendidikan dan pelatihan

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
HO
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan pada 19-23 September 2022 di Ciracas, Jakarta. (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Terdapat 12 petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser telah mengantongi sertifikat, usai mengikuti serangkaian pendidikan dan pelatihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat).

Pusdiklat Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan telah dilangsungkan pada 19-23 September 2022 di Ciracas, Jakarta.

Kepala Dinas Damkar Paser M. Lukman Dharma menyampaikan 12 peserta dari Damkar Paser terdiri dari 8 orang petugas Damkar kecamatan.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga Damkar, baik di Dinas Damkar maupun Damkar kecamatan," jelas Lukman.

Baca juga: Satresnarkoba Polres Paser Amankan 2 Terduga Pelaku Peredaran Obat Keras, Sita 100 Butir Pil Yorindo

Menurutnya, petugas Damkar memang harus ada pelatihan karena selama ini petugas dari kecamatan masih dilakukan secara otodidak.

"Jadi pelatihan itu, merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menjalankan tugas di lapangan supaya lebih paham," terangnya.

Sebenarnya, Damkar Paser ingin lebih banyak mengirimkan personelnya untuk mengikuti Diklat. Namun karena keterbatasan anggaran, sehingga hanya 12 orang saja yang bisa dikirim untuk mengikuti pelatihan.

Baca juga: Ada Penyesuaian Jenis Vaksin PMK, Disbunak Paser Bakal Lanjutkan Penyaluran Booster di Oktober 2022

Apalagi dalam 4ntahun terakhir, baru kali ini Damkar Paser mengirim personel mengikuti pendidikan.

"Kami koordinasi dengan Pusdiklat Ciracas, ternyata ada diklat untuk peserta luar daerah. Biasanya di Ciracas pesertanya dari tenaga damkar DKI saja yang banyak, namun karena dibuka peserta dari luar daerah makanya kita ikut," jelas Lukman.

Dijelaskan, Pusdiklat Damkar Ciracas sudah diakui kualitasnya sebagai lembaga pendidikan bagi tenaga Damkar di Indonesia, di samping Pusdiklat yang ada di Surabaya dan Medan.

"Tapi Pusdiklat di Ciracas lebih lengkap alatnya," ucap Lukman.

Baca juga: Cuaca Paser Hari Ini Rabu 28 September 2022, Langit Cenderung Cerah Berawan

Pada tahun 2023, Damkar Paser berencana akan kembali memberikan pendidikan bagi tenaga Damkar karena masih banyak yang memerlukan pendidikan.

Dari informasi yang diperoleh, tahun depan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Paser menyediakan pelatihan untuk tenaga Damkar.

"Karena kami ada 10 orang CPNS baru, mungkin 5 atau 4 orang akan kami kirim ikut pendidikan melalui BKPSDM, kalau yang PTT di kecamatan akan diusulkan pendidikan melalui anggaran Damkar Paser," tutup Lukman. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved