Berita Balikpapan Terkini

Pancaroba Menerpa Balikpapan, Dokter Spesialis Gizi Berikan Tips Hindari Penyakit

Seperti Mardiani yang mengeluhkan kondisi badannya kurang fit akibat kehujanan saat pulang dari rumah temannya, hingga jemurannya yang susah kering

Penulis: Ardiana | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Dokter Spesialis Gizi Klink Rumah Sakit Dr. Kanujoso Djatiwibowo, Martin Ayun.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Cuaca di Kota Balikpapan akhir-akhir ini tak menentu.

Akibatnya, banyak masyarakat mengaku terkena flu bahkan demam.

Hal ini disebabkan pengaruh cuaca tersebut terhadap kondisi tubuh.

Seperti Mardiani yang mengeluhkan kondisi badannya kurang fit akibat kehujanan saat pulang dari rumah temannya, hingga jemurannya yang susah kering.

"Sekarang ini kadang hujan, kadang juga panas. Jadi kita kalau mau nyuci, jemur, itu susah betul kering. Nda da matahari. Sama kalau cuaca begini, ya badan rentan pilek. Ini aja nda enak badan aku habis kehujanan tadi," ucapnya.

Baca juga: Rangkaian Acara HUT BLC ke-19, Gelar Demo Masak di Atrium Mall Plaza Balikpapan

Baca juga: Solusi Pendek Tangkal Kecelakaan di Turunan Rapak Balikpapan, Bangun Pakai Dana APBN

Baca juga: Speedboat di Balikpapan Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Operator Alami Luka Bakar

Menanggapi hal ini, Dokter Spesialis Gizi Klink Rumah Sakit Dr. Kanujoso Djatiwibowo, Martin Ayuningtyas mengatakan kondisi pancaroba memang kerap mengundang penyakit seperti Flu atau pilek.

"Saat pancaroba, tubuh rentan mengalami Common cold, Infeksi Virus pada Saluran Nafas kita baik hidung maupun tenggorokan, yang sering disebut sebagai flu atau influenza,"ucapnya.

Ia juga membeberkan tanda-tanda seseorang akan terkena penyakit tersebut adalah badan pegal-pegal, meriang bahkan demam tinggi, sakit kepala, hidung tersumbat atau pilek, sakit tenggorokan, batuk disertai mual ataupun muntah, hingga selera makan yang menurun.

Untuk itu, disaat cuaca seperti ini, Dokter Martin Ayu mengimbau masyarakat untuk tetap Istirahat yang cukup, berolahraga, serta memerhatikan pola makan dan gizi yang terkandung didalamnya.

Ia juga menerangkan beberapa tips memilih makanan yang dapat menjaga imunitas tubuh agar kuat dan tak rentan sakit.

"Pilih pangan yang alami. Seperti makanan alami yang tidak banyak diolah atau tidak terlalu lama pengolaannya membuat zat gizi yang terkandung masih berlimpah untuk menjaga kesehatan kita. Makanlah bervariasi agar kebutuhan gizi tercukupi dan upayakan komposisi sesuai dengan “piring sehatku","terangnya.

Ia juga mengimbau untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minuman hangat, hingga banyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk membantu pencernaan.

"Juga penuhi kebutuan cairan, minumlah minuman yang bersuhu normal atau hangat.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya akan vitamin A, C dan juga kaya akan serat untuk membantu pencernaan kita. Lengkapi dengan lauk yang kaya akan protein, zink, serta vitamin A untuk membantu daya tahan tubuh," imbaunya.

Baca juga: Bagaimana Cuaca Besok Balikpapan, Jumat 30 September 2022, Berkabut dan Cerah Berawan

Tak hanya itu, ia juga menyarankan masyarakat untuk mengkonsumsi madu sebagai pembuat rasa manis.

"Serta konsumsi madu. Karena madu dapat digunakan sebagai pembuat rasa manis. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved