Berita Balikpapan Terkini

Nusantara Barista Championship Akan Bawa Pemenang ke Tingkat Nasional Hingga Internasional

Gelaran Nusantara Barista Championship (NBC) yang ketiga kalinya hadir di Balikpapan untuk mengumpulkan para pencinta kopi di kota Minyak, Jumat.

Penulis: Ardiana | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA
Kompetisi Kategori Manual Brew di kawasan Mall Plaza Balikpapan. (TRIBUNKALTIM.CO/ARDIANA) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gelaran Nusantara Barista Championship (NBC) yang ketiga kalinya hadir di Balikpapan untuk mengumpulkan para pencinta kopi di kota Minyak, Jumat (30/9/2022).

Terdapat 3 kategori perlombaan, diantaranya Bezzera Latte Art dengan 32 peserta, Manual Brew sebanyak 20 peserta, dan Cup Tasters yang diikuti oleh 9 peserta.

Sederet peserta tersebut berasal dari kota-kota di Kalimantan Timur seperti Bontang, Sangatta, Samarinda, Balikpapan dan sekitarnya.

Untuk penilaiannya, turut hadir juga 4 orang juri bersertifikat nasional dan 27 juri lokal yang tentu sangat ahli dibidangnya.

Baca juga: Lomba COFF di Gedung Kesenian Balikpapan, Mulai Paduan Suara Hingga Marching Band

Competition Manajer Nusantara Barista Championship sekaligus National Judges, Dwi Setyono mengatakan antusias peserta untuk mengikuti NBC di tahun sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pasalnya, dua tahun lalu peserta terbanyak ada pada kategori Manual Brew. Namun di tahun ini, kategori latte art banyak diminati peserta.

"Antusiasnya bisa dibilang ada perbedaan. Karena tahun lalu, manual brew jumlah pesertanya lebih banyak. Ditahun ini latte art yang pesertanya lebih banyak. Mungkin peminatnya lagi hype di latte art,"ucapnya.

Baca juga: Menu Khas Borneo di Hari Jadi Hotel Platinum Balikpapan

Ia juga membeberkan, pemenang dari perlombaan ini yang akan diumumkan pada hari Minggu, (2/10/2022) nanti akan maju ke jenjang regional Indonesia Timur, juga nasional.

Masih Dwi, ia juga menerangkan selanjutnya, peserta yang lolos di tingkat nasional akan dikirim ke luar negeri untuk mewakili Indonesia ke ranah Internasional.

"Jadi ada jenjang yang cukup panjang, regional, kemudian ke Indonesia timur dulu, kemudian ke nasional. Dan pemenang di tingkat nasionalnya, akan dikirim untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional. Dan yang menang disini akan mengikuti kompetisi di Indonesia timur lagi nantinya," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved