Berita Balikpapan Terkini

Hari Kesaktian Pancasila di Balikpapan, Walikota Rahmad Masud Ingatkan Generasi Muda

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dirayakan tiap tanggal 1 Oktober. Hari tersebut merupakan hari bersejarah bangsa Indonesia

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Budi Susilo
HO/PEMKOT BALIKPAPAN
Pemkot Balikpapan menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dirayakan tiap tanggal 1 Oktober. Hari tersebut merupakan hari bersejarah bangsa Indonesia yang mana dahulunya peristiwa historis terjadi pada hari ini.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) telah mengeluarkan pedoman untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2022.

Dilansir dari laman Kemdikbud, tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 yaitu “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, namun, utamanya adalah upacara bendera.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltim Bacakan Ikrar dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Upacara bendera dalam rangka Peringatn Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di tingkat pusat yang juga dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi negara.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara bendera di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Sabtu (1/10/2022) dalam rangka menghormati Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjadi inspektur upacara dan memimpin prosesi tersebut dengan khidmat.

Upacara juga dihadiri unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Plh Sekda, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Paser : Generasi Muda Harus Tahu yang Dialami Pahlawan Revolusi

Dalam pidatonya, Rahmad mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilaksanakan tiap tahunnya gunanya mengingatkan para generasi muda untuk tidak lupa akan Pancasila yang merupakan ideologi bangsa yang tentunya harus diwariskan kepada mereka.

“Cinta NKRI dan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama yang tertuang dalam Pancasila,” ujar Rahmad Mas’ud ketika ditemui awak media seusai upacara.

Tak lupa Ia menuturkan terimakasih atas jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono, upaya yang bisa dilakukan dalam melestarikan nilai-nilai sejarah.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Semangat Persatuan Indonesia

Yakni dengan mempertahankan ideologi bangsa, karena dengan Pancasila bisa menjawab semua tantangan baik yang mengancam kesatuan negara maupun tantangan di era digitalisasi.

“Termasuk bagi generasi muda untuk cinta tanah air dan ideologi bangsa,” tutur Budiono. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved