Berita Mahulu Terkini

Kemenhub Serahkan Kepmen Penlok Bandara Ujoh Bilang Mahakam Ulu

Lebih lanjut disampaikannya, kedepan Pemkab Mahulu perlu juga mempersiapkan akses jalan menuju bandar udara harus memenuhi standart dengan kajian

Editor: Budi Susilo
HO/PEMKAB MAHULU
Pemkab Mahulu melalui Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM menerima Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) Nomor 164 Tahun 2022 tentang penentuan Lokasi (Penlok) Bandar Udara di Ujoh Bilang, di Kabupaten Mahulu, Provinsi Kaltim, Rabu (28/09/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Perjuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) untuk membangun bandar udara (bandara) guna membuka keterisolasian daerah, meningkatkan perekonomian serta pariwisata di Bumi Urip Ngeriman, akhirnya berbuah manis.

Ini wujud nyata perjuangan pemkab yang dipimpin Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH,ME yang berkomitmen dan terus berkoordinasi.

Juga bersinergi dari level kabupaten, Pemprov Kaltim, pemerintah pusat sampai DPR RI. 

Pada Rabu (28/09/2022), Pemkab Mahulu melalui Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM menerima Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) Nomor 164 Tahun 2022 tentang penentuan Lokasi (Penlok) Bandar Udara di Ujoh Bilang, di Kabupaten Mahulu, Provinsi Kaltim.

Baca juga: Tahun Ini Lokasi Bandara Ujoh Bilang di Mahakam Ulu Mulai Dikerjakan

Itu diserahkan oleh Menteri Perhubungan melalui Kasubdit Tatanan Kebandarudaran dan Lingkungan Kemenhub RI Febi Oki Wahyudi, ST,MM, di kantor Kemenhub Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Sekda Stephanus Madang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang telah mendukung proses pembangunan bandara di Mahulu melalui ditetapkannya Penlok.

“Puji Tuhan, hari ini kita sudah dalam satu titik yang cukup strategis dimana Menteri Perhubungan telah menyerahkan SK tentang Penlok Bandara Ujoh Bilang,” ujar Sekda.

Dengan diserahkan penlok Bandara Ujoh Bilang, jelasnya, maka Kabupaten Mahulu telah memenuhi salah satu persyaratan administratif dan teknis pembangunan bandara.

Baca juga: Temui DPR RI, Bupati Mahakam Ulu Minta Dukungan Percepatan Pembangunan Bandara Ujoh Bilang

Selain itu, sebagai tindaklanjut dan percepatan pembangunan bandara, ke depannya Pemkab Mahulu akan melakukan koordinasi terkait Memorandum of Understanding (MoU).

Dan tentunya, akan melakukan percepatan tindaklanjut. Artinya sesuai arahan Bapak Bupati, kita akan berkoordinasi dengan Bapak Gubernur dan dalam waktu dekat, juga melakukan persiapan untuk membuat MoU bersama antara Pemkab Mahulu, pemprov dan pemerintah pusat.

"Dalam hal ini Kemenhub untuk pendanaan dan pembiayaan segmen-segmen yang sudah dirancang yang tersusun dalam masterplan pembangunan bandara,” kata Sekda.

Pada kesempatan yang sama Kasubdit Tatanan Kebandarudaran dan Lingkungan Kemenhub Febi Oki Wahyudi mengatakan, sebagai percepatan pemenuhan syarat administratif perlu melakukan evaluasi sejumlah kelengkapan persyaratan administrasi yang perlu dipersiapkan Pemkab Mahulu ke depan.

Baca juga: Sosialisasi Pengadaan Lahan Bandara Ujoh Bilang, Dishub Datangkan Tim Apprasial

Untuk dokumen perencanaan seperti amdal dan lain-lain perlu dipersiapkan, setelah itu tinggal MoU untuk siapa melakukan apa agar lebih jelasnya begitu.

"Yang terpenting adalah dokumen perencanaannya lengkap semua,” ujar Febi Oki.

Lebih lanjut disampaikannya, kedepan Pemkab Mahulu perlu juga mempersiapkan akses jalan menuju bandar udara harus memenuhi standart dengan kajian jalur bebas hambatan.

“Infrastruktur yang menunjang harus digarap seperti jalan masuknya, dan dokumen amdal, pembebasan lahan, yang terpenting berprogres sesuai kemampuan daerah,” harapnya.

Hadir mendampingi Sekda, Kepala Dishub Mahulu Fransiskus Xaverius Lawing,SE,M.Si, Kepala Bappelitbangda Gerry Gregorius, S.E, M.Si, Ak,CA, Kabid Perhubungan Udara Dishub Ferry A Marpaung,S.E.,M.Si, Kabag Prokopim Christianus Arie Dedy Bang,SE,M.Si, Kabag Umum Fahrial Ansori,SE,MAP. (prokopim/len)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved