Tragedi Arema vs Persebaya

Kenang Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Lintas Suporter di Balikpapan Gelar Doa Bersama

Sejumlah suporter dari berbagai klub di Balikpapan mendadak meramaikan halaman Gedung KNPI Balikpapan, Senin (3/10/2022).

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
⁩Suasana gelaran doa bersama di halaman depan Gedung KNPI Balikpapan oleh berbagai suporter di Balikpapan, Senin (3/10/2022). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sejumlah suporter dari berbagai klub di Balikpapan mendadak meramaikan halaman Gedung KNPI Balikpapan, Senin (3/10/2022).

Berkumpulnya para suporter tersebut dalam rangka mengenang tragedi Kanjuruhan yang menelan banyak korban jiwa.

Mulai dari Balistik termasuk pendukung daripada Arema FC dan Persebaya di Balikpapan ikut hadir, menyalurkan empati atas tragedi kemanusiaan tersebut.

Tidak hanya itu, gelaran doa bersama ini juga diikuti dari berbagai usia. Dewasa hingga anak, tampak hadir dengan membentuk formasi melingkar.

Meski menggunakan atribut klub yang berbeda, para suporter ini tetap kompak untuk menundukkan kepala, memanjatkan doa bagi segenap korban.

Baca juga: Terbaru! Terjawab Apa Penyebab Kerusuhan di Kanjuruhan dan Pintu Stadion Ditutup? Ini Kata Mahfud MD

Doa bersama rampung, berlanjut pada perwakilan tiap suporter klub untuk memberikan sambutan dan empati masing-masing melalui pengeras suara.

Suasana gelaran doa bersama di halaman depan Gedung KNPI Balikpapan oleh berbagai suporter di Balikpapan, Senin (3/10/2022). Tua, muda sampai anak-anak ikut terlibat dalam aksi doa bersama tersebut. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Suasana gelaran doa bersama di halaman depan Gedung KNPI Balikpapan oleh berbagai suporter di Balikpapan, Senin (3/10/2022). Tua, muda sampai anak-anak ikut terlibat dalam aksi doa bersama tersebut. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Kemudian secara serentak menyalakan lilin tanda berdukanya para suporter atas kematian ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan Malang.

Sembari mengangkat lilin, mereka serempak menyanyikan yel-yel, termasuk pula menyanyikan lagu Indonesia Raya tanda bahwa sepakbola justru menyatukan.

Ketua Balistik Balikpapan, Adi Setiawan mengatakan malam ini menjadi bukti bahwa suporter di Balikpapan bersama berdiri untuk Arema.

"Persaudaraannya yang nomor satu, Indonesia. Kita doakan supaya teman-teman diberikan tempat yang terbaik," ucapnya.

Baca juga: Simpati Atas Tragedi Kanjuruhan, Tim Borneo FC Heningkan Cipta Jelang Sesi Latihan di Stadion Segiri

Atas tragedi yang menewaskan banyak suporter itu, Adi mengutuk dan meminta agar para petinggi dapat mengusut, terutama berkenaan dengan penembakan gas air mata.

Ia menekankan, sebagaimana dalam peraturan, gas air mata tidak diperkenankan untuk ditembakkan di dalam stadion.

"Apalagi ke tribun penonton. Saya tau persis, di sana itu adalah suporter, ada yang membawa istrinya, ada yang membawa anak," tambahnya.

"Hari ini meninggal, besok belum tentu ada. Kalau sudah pergi, pergi. Ini nyawa manusia," ucap Adi lagi.

Baca juga: Daftar Sanksi dari FIFA Akibat Tragedi Kanjuruhan, Arema FC & Timnas Indonesia Paling Terdampak

Karenanya, dia berharap kejadian semacam ini merupakan kali terakhir, khususnya dalam dunia sepakbola. Sehingga iklim olahrga tetap kondusif dan dapat dinikmati khalayak. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.  

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved