Berita Nasional Terkini

Pengamat Sebut Deklarasi Anies Jadi Capres Berdampak Negatif Terhadap Nasdem, Ini Alasannya

Partai Nasdem telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden pada Senin (3/10/2022)

Editor: Samir Paturusi
KOMPAS TV
Partai Nasdem telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden pada Senin (3/10/2022) 

TRIBUNKALTIM.CO- Partai Nasdem telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden pada Senin (3/10/2022).

Deklarasi ini ternyata akan mendampak negatif terhadap Nasdem.

Bahkan Nasdem akan ditinggal para pemilihnya yang rata-rata adalah pemilih Presiden Joko Widodo.

Pengamat politik Arif Nurul Imam menyebut deklarasi sejak dini tersebut justru berpotensi berdampak negatif bagi Nasdem, yakni hilangnya basis pemilih Joko Widodo.

"Saya kira deklarasi sejak dini memiliki plus minusnya, bagi NasDem jika Anies tak mampu memberi efek elektoral akan menjadi blunder politik," kata Arif kepada wartawan.

Baca juga: Manuver Politik Anies Baswedan, Dari Gabung PP Hingga Diusung NasDem, Surya Paloh: Yang Terbaik

Baca juga: Nasdem Jagokan Anies Baswedan, PSI Deklarasi Ganjar Pranowo-Yenny Wahid jadi Capres Cawapres

Baca juga: Jusuf Kalla Jadi Kunci, 3 Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan, Demokrat-PKS Nyusul

Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini menjelaskan bahwa sebagian besar pendukung Nasdem adalah pendukung Jokowi. Banyak dari pemilih memilih Nasdem karena mendukung Jokowi.

Sehingga deklarasi Nasdem berpotensi memicu migrasi politik pendukung Nasdem ke partai lain.

"Artinya, deklarasi Anies bagi Nasdem berpotensi besar memicu migrasi politik pendukung Nasdem selama ini ke partai lain," terang Arif.

Baca juga: Resmi, Nasdem Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Surya Paloh Beberkan Alasannya

Menurutnya Nasdem juga perlu berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden, mengingat suara Nasdem cuma 10 persen di DPR RI.

"Nasdem suaranya cuma 10 persen di DPR RI, bisa ditinggal oleh partai lain dan jadi bumerang dari mimpi manis menjadi partai tiga besar," tutupnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat: Deklarasikan Anies Jadi Bakal Capres Picu Potensi Migrasi Politik Suara Nasdem, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/03/pengamat-deklarasikan-anies-jadi-bakal-capres-picu-potensi-migrasi-politik-suara-nasdem.

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved