Berita Kaltim Terkini

53 Stan Ramaikan Kegiatan Gelar Pangan Murah di Halaman Kantor DPTPH Kaltim

Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi menggelar Pangan Murah dan Launching Dapur B2SA, Selasa (4/10/2022).

Penulis: Nevrianto | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Kepala Dinas Pangan Tanaman, Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kaltim, Siti Farisyah Yana meninjau Gelar Pasar Murah yang dilaksanakan 4 sampai 6 Oktober 2022 di Halaman Kantor DPTPH Kaltim, Jalan Basuki Rahmat 2 Kota Samarinda, Selasa (4/10/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi menggelar Pangan Murah dan Launching Dapur B2SA, Selasa (4/10/2022).

Kegiatan sendiri berlangsung terhitung sejak 4-6 Oktober 2022 di halaman kantor DPTPH Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Kota Samarinda.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor hadir dan turut membuka kegiatan gelaran pangan murah ini.

Kepala DPTPH Kaltim, Siti Farisyah Yana saat ditemui mengatakan, kegiatan ini sendiri setidaknya ada 53 stan yang berpartisipasi dalam gelaran pasar murah ini.

Tak hanya sembako dan kebutuhan pokok lainnya, pasar murah juga diisi dengan produk olahan pertanian dan peternakan, buah-buahan, serta kerajinan tangan.

Baca juga: Usulan Insentif, Pasar Murah Bakal Digelar di Balikpapan

"Kegiatan ini sepanjang tahun 2022 sudah ada 8 kali dan kita kerja sama dengan kabupaten/kota, jadi tidak terhitung sebenarnya untuk penyelenggaraan pasar murah ini," kata perempuan yang akrab disapa Yana ini.

Dia menjelaskan, bukan hanya pihaknya saja yang menyelenggarakan Pasar Murah di Kota Samarinda.

Pemkot Samarinda dan Bank Indonesia juga pernah menyelenggarakan kegiatan yang sama.

"Kita lakukan kegiatan ini secara terus-menerus, Insya Allah. Agar masyarakat tidak stres dan memberikan kenyamanan bahwa pangan itu memang ada, tersedia dan tidak sewaktu-waktu seperti ini saja. Selalu berkelanjutan ada, memang begitu tidak bersamaan tetapi penyelenggaranya berbeda-beda," ucap Yana.

Sekadar diketahui, adapun harga-harga kebutuhan pokok yang dijual dalam Gelar Pangan Murah dari pemantauan TribunKaltim.co sangat terjangkau dan di bawah harga pasar normal, mulai dari beras yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 43 hingga 57 ribu per 5 kilogram (kg).

Telur sepiring seharga Rp 48 ribu, gula pasir 1 kg Rp 13 ribu, minyak goreng Rp 13 ribu per liter dan 4 ekor ayam potong seharga Rp 100 ribu.

Yana juga menyampaikan gelar pengan murah kali ini juga turut menampilkan Dapur B2SA (Beragam Bergizi, Seimbang dan Aman), untuk rumah tangga khususnya keluarga yang memiliki anak agar dibiasakan mengolah menu berbahan pangan lokal dan murah.

Baca juga: Kendalikan Inflasi Pasca Kenaikan BBM di Kutim, Disperindag Bakal Gelar Operasi Pasar

"Dapur B2SA ini akan terus kita galakkan kepada keluarga-keluarga di Kaltim ini melalui sinergi kita bersama TP PPK kabupaten dan kota," ujarnya.

B2SA ini dengan menghubungkannya dengan apa yang dikonsumsi oleh anak-anak sekarang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved