Berita Balikpapan Terkini

Ketok Palu, APBD Perubahan 2022 Kota Balikpapan Telah Disahkan Jadi Perda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna ke-23 Masa Sidang III Tahun 2022 pada Selasa (4/10/2022) di ruang r

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Rapat paripurna ke-23 Masa Sidang III Tahun 2022 pada Selasa (4/10/2022) di ruang rapat gabungan Gedung DPRD Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat paripurna ke-23 Masa Sidang III Tahun 2022 pada Selasa (4/10/2022) di ruang rapat gabungan Gedung DPRD.

Agenda pertama rapat membahas tentang Pengumuman Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kota Balikpapan tentang Perubahan APBD Kota Balikpapan TA. 2022 hasil evaluasi Gubernur menjadi Peraturan Daerah.

“Hari ini, Alhamdulillah telah disepakati APBD Perubahan tahun 2022 hasil evaluasi Gubernur yang telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD Perubahan,” ucap Abdulloh, Ketua DPRD Balikpapan yang memimpin rapat tersebut.

Sehingga, lanjutnya, setelah ditetapkan demikian, tak ada lagi alasan bagi dinas atau OPD terkait tidak menjalankan program-programnya yang telah disepakati anggarannya pada APBD Perubahan.

“Ini terkait dengan penyerapan APBD, yang berarti kepentingan rakyat lebih diutamakan,” tuturnya.

Baca juga: Komisi III DPRD Balikpapan Sambut Baik Pengerjaan Jalur Pengaman di Simpang Muara Rapak

Proses penyerapan APBD ini harus segera dilaksanakan dan terselesaikan. Terkait target penyerapan dan implementasinya, hal tersebut bergantung pada kepala dinas/OPD masing-masing dalam menjalankan programnya.

Menurut Abdulloh, penyerapan APBD baik Murni maupun Perubahan ditandai dengan adanya perputaran ekonomi yang terjadi di tengah masyarakat.

“Oleh sebab itu, kepentingan rakyat harus diutamakan,” ucapnya.

“Kalau ini (terserapnya APBD dan program OPD) tidak jalan-jalan, maka hal tersebut berpengaruh pada perputaran ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Selain penetapan Perda mengenai APBD Perubahan tahun 2022, agenda rapat selanjutnya membahas tentang Penyampaian Nota Penjelasan Walikota Balikpapan Atas Rancangan Peraturan Daerah Kota Balikpapan tentang APBD TA. 2023.

“Pembahasan KUA-PPAS sudah kita selesaikan, tahapan selanjutnya memang penjelasan Wali Kota tadi,” jelas Abdulloh.

Baca juga: Anggota DPRD Balikpapan Sarankan Masyarakat Giatkan 3M Cegah DBD

Selanjutnya, fraksi yang ada akan menelaah Nota Penjelasan tersebut dan dituangkan pada pandangan umum fraksi.

Setelah itu, disusul dengan jawaban Wali Kota, baru kemudian tahapan terakhir adalah pendapat akhir fraksi dan persetujuan bersama.

“Sama saja tahapannya dengan yang dilalui sebelum-sebelumnya terkait pembahasan APBD,” katanya.

“Untuk target APBD 2023 sebesar Rp 2,5 triliun dan PAD Rp 1,82 triliun sekian,” tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved