Berita Paser Terkini

Sekda Paser Nilai Konsep Smart City di Era Revolusi Industri dan Society Jadi Keharusan

Pemerintah Kabupaten Paser melalui Diskominfostaper menggelar evaluasi program gerakan menuju kota cerdas atau yang biasa disebut Smart City

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Sekretaris Daerah (Sekda) Paser saat membuka kegiatan evaluasi program gerakan menuju kota cerdas (Smart City) Tahun 2022, yang berlangsung di Pendopo Loa Bapekat Paser, Kalimantan Timur,(4/10/2022).TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER- Pemerintah Kabupaten Paser melalui Diskominfostaper menggelar evaluasi program gerakan menuju kota cerdas atau yang biasa disebut Smart City.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya, yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Kepala Diskominfostaper Paser Ina Rosana beserta jajaran pejabat lainnya, yang berlangsung di Pendopo Loa Bapekat Paser, Selasa (4/10/2022).

Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan, pelaksanaan pembangunan dan pengembangan kawasan Paser Smart City yang terus direalisasikan merupakan bukti keseriusan Pemda Paser.

"Pemkab Paser berkomitmen akan selalu memperbaiki konsep kota cerdas dalam sarana yang dapat membantu masyarakat, agar dapat mengelola potensi sumber daya alam dan manusia yang ada dengan efisien," terangnya.

Baca juga: Otorita IKN Nusantara Buka Peluang Usaha Energi Bersih, Smart City Juga Pertanian

Baca juga: Basuki Sebut Hermanto Dardak Sumbang Ide Forest City dan Smart City IKN Nusantara

Baca juga: Tata Ruang IKN Nusantara Kelar, Berkonsep Hutan Kota, Spons dan Smart City

Disebutkan, indikator utama ketika smart city berhasil ialah ketika manfaatnya bisa dirasakan oleh semua pihak, baik pemerintahan, dunia usaha, dan masyarakat luas.

"Smart city bukan hanya upaya revitalisasi dalam berbagai program- program pelayanan di setiap OPD, namun digitalisasi merupakan bagian dari itu, contoh pelayanan satu pintu mengenai perijinan yang lebih cepat  dan efisien sehingga menjadikan kondisi untuk investasi di Kabupaten Paser lebih baik," urainya.

Katsul menambahkan, semua aktifitas masyarakat saat ini sudah banyak menggunakan teknologi, seperti halnya perekonomian, dan pendidikan.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 juga membuat masyarakat berinovasi dan membuat terobosan agar dapat bertahan dan bersaing.

"Pemda dituntut menyediakan layanan yang memiliki kemudahan akses, agar dapat menyediakan informasi kepada masyarakat secara tepat, cepat dan efektif," bebernya.

Ia beranggapan, konsep Smart City di era revolusi industri dan society telah menjadi keharusan dengan meningkatkan kecerdasan masyarakat yang menuntut adanya pembaharuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Untuk itu, kata Katsul Bupati Paser Fahmi Fadli meminta perangkat daerah harus berperan aktif dalam menyusun program Paser menuju Smart City.

"Kabupaten Paser dengan visi misi pembangunannya yakni Paser yang Maju  Adil dan Sejahteta (MAS), dan didukung oleh tata kelola pemerintahan yang baik, menjadi tantangan sekaligus peluang dalam mewujudkan pelayanan masyarakat secara lebih cepat, lebih mudah dan lebih smart," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfostaper Paser Ina Rosana mengatakan Pemkab Paser telah menjadi salah satu kabupaten/kota yang telah terpilih menjadi smart city.

Konsep smart city merupakan konsep kota cerdas, dirancang untuk membantu kegiatan dan memudahkan masyarakat mengakses informasi dengan berbagai aplikasi.

Baca juga: Songsong Smart City, Pusat Digital di Kawasan IKN Nusantara Kaltim Bakal Diresmikan

"Utamanya dalam hal mengelola Sumber Daya yang ada Secara efisien, konsep Paser smart city ini juga mendapat dukungan dari Bupati Paser dan 41 Perangkat Daerah, serta Camat dan keterlibatan pihak swasta dengan berbagai program dan inovasi daerah yang telah dilakukan," tutup Ina.

Pada giat tersebut, bertindak sebagai evaluator program smart city Kabupaten Paser yakni, Dosen IT UI Dana Indra, Dosen IT Magister UGM Wing Wahyu Winarno, Bappenas Rizki Putra dan IKTI Hafni Septiana. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved