Berita Balikpapan Terkini

Sopir Truk Keluhkan Syarat Daftar Fuel Card Merah, Kartu Biru Diberlakukan Kembali di Balikpapan

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Forum Komunikasi Pengusaha Angku

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Rapat Dengar Pendapat (RDP) digelar Komisi III DPRD Kota Balikpapan bersama dengan Forum Komunikasi Pengusaha Angkutan Kota Balikpapan (Forkopab), Komunitas Sopir Truk Balikpapan (KSTB), Pertamina Patra Niaga, dan juga Dinas Perhubungan (Dishub), Rabu (5/10/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Komisi III DPRD Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Forum Komunikasi Pengusaha Angkutan Kota Balikpapan (Forkopab), Komunitas Sopir Truk Balikpapan (KSTB), Pertamina Patra Niaga, dan juga Dinas Perhubungan (Dishub), Rabu (5/10/2022).

Para perwakilan dari masyarakat, dalam hal ini diwakili oleh Forkopab dan KSTB mengeluhkan permasalahan fuel card untuk keperluan mengisi bahan bakar solar bersubsidi.

“Mereka mengeluhkan sulitnya mendapatkan fuel card berwarna merah, sementara yang mereka miliki adalah yang berwarna biru,” tutur Kamaruddin, Komisi III DPRD Balikpapan kepada awak media.

Ia menuturkan, fuel card berwarna biru ini proses input data-data pengemudinya dilakukan secara manual menyebabkan adanya indikasi penyalahgunaan.

“Misal satu orang (pengemudi) memiliki 3 fuel card,” katanya.

Baca juga: Pengguna Fuel Card di Kutim Harus Taat Pajak Kendaraan, Lolos Uji Layak Jalan dan STNK Hidup

Oleh karenanya, pihak Pertamina melakukan penyempurnaan dengan mengganti warnanya menjadi warna merah dan proses penginputan data yang dilakukan secara digital, sehingga hal tersebut tidak memungkinkan satu pengemudi memiliki lebih dari satu kartu.

Namun demikian, pada penerapannya, para pengemudi mengeluhkan untuk mendapatkan fuel card berwarna merah ini yang membutuhkan persyaratan berupa STNK dan KIR berstatus hidup.

“Jawabannya ada pada Surat Edaran (SE) Walikota Balikpapan dengan Nomor: 510.98/0706/Eko tahun 2022 Tentang Perubahan Surat Edaran Walikota Balikpapan Nomor: 510.98/0544/Eko tanggal 3 Juni 2022 Tentang Pengaturan Jenis Kendaraan Pengguna Jenis BBM Tertentu (Solar Bersubsidi) Untuk Sektor Transpotasi Darat di SPBU di Kota Balikpapan,” bebernya.

“Dari situ (SE) dijelaskan untuk mendapatkan fuel card itu memang harus memiliki STNK dan KIR yang hidup,” ucapnya.

Dalam RDP tersebut, pihak Pertamina memberikan solusi dan kemudahan bagi pengemudi yang masih memiliki fuel card berwarna biru untuk bisa digunakan kembali.

Baca juga: Fuel Card di PPU Resmi Diterapkan, Pengetap Tak Bisa Lagi Ambil Solar Seenaknya di SPBU

“Kami apresiasi langkah Pertamina bisa dengan cepat memberikan keputusan seperti itu,” ucapnya.

Menurutnya, syarat tersebut (KIR dan STNK hidup) memang diperlukan untuk mencegah kecelakaan dalam hal keamanan berlalulintas.

Bagi KSTB, langkah yang diambil pihak Pertamina merupakan angin segar bagi para pengemudi khususnya pengemudi truk.

“Diberlakukan kembali (kartu biru) sembari menunggu pengurusan kartu merah,” ucap Jafar Sodik, Ketua KSTB.

Di sisi lain, pihak KSTB juga menyayangkan, walaupun telah diberlakukan penggunaan fuel card, para pengemudi juga masih harus antre sampai 2-3 hari untuk dapat mengisi bahan bakar berupa solar bersubsidi.

Baca juga: Sopir AKDP Plat Kuning di Paser Dukung Penerimaan Fuel Card, Minta Stok BBM di SPBU Selalu Ada

“Dijatahnya 120 liter per hari, itu juga dibatasi 2 hari sekali untuk mengisi bahan bakar. Tapi ya masih mengantre juga,” tukasnya.

“Tapi ya syukur Alhamdulillah sudah ada solusi setelah difasilitasi oleh DPRD Kota Balikpapan ini,” tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved