Video Viral

Zelensky Klaim Pasukan Ukraina Kuasai Kembali Puluhan Desa yang Dicaplok Rusia

Volodymyr Zelensky klaim pasukan Ukraina kuasai kembali puluhan desa yang dicaplok Rusia

TRIBUNKALTIM.CO - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (4/10/2022) mengatakan pasukannya membuat kemajuan yang cepat dan kuat di Ukraina selatan.

Dilansir dari Kompas.com, dia menyebut pasukan Ukraina telah berhasil merebut kembali puluhan desa dari Rusia di wilayah selatan pekan ini.

"Tentara Ukraina cukup cepat dan kuat maju di selatan," kata Zelensky dalam pidato hariannya yang diunggah di media sosial, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dia menambahkan bahwa puluhan pemukiman telah direbut kembali di Ukraina selatan dan Ukraina timur.

Zelensky mengungkap beberapa wilayah berhasil diambil kembali di wilayah Kherson, Luhansk, dan Donetsk, di mana referendum diadakan minggu lalu untuk dianeksasi oleh Rusia.

Kyiv dan Barat telah mencela referendum sebagai akal-akalan Rusia.

Sementara itu, peta terbaru yang diungkapkan oleh Rusia menunjukkan bahwa pasukannya telah meninggalkan banyak daerah di Kherson termasuk di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper.

Di wilayah Kharkiv timur laut, pemetaan menunjukkan bahwa pasukan Rusia hampir seluruhnya meninggalkan tepi timur Sungai Oskil di mana mereka mempertahankan pijakan.

"Tentara kami tidak berhenti.

Dan hanya masalah waktu sebelum kami mengusir penjajah dari seluruh tanah kami," kata Zelensky.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Moskwa telah mencaplok empat wilayah Ukraina yang mengadakan referendum oleh Kremlin di area pendudukan militer Rusia.

AS dan negara-negara Barat lainnya menyebut referendum itu palsu, dilakukan di bawah todongan senjata, dan bersumpah tidak akan pernah mengakui pencaplokan tersebut.

Namun Menteri Luar Negeri Korea Utara Jo Chol Su membela referendum untuk bergabung dengan Rusia sebagai hal yang sah dan diadakan sesuai Piagam PBB yang menetapkan prinsip-prinsip kesetaraan rakyat, kata kantor berita KCNA yang dikelola negara.

Korea Utara adalah sekutu Rusia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved