Berita Samarinda Terkini

Dosen dan Mahasiswa UINSI Samarinda Geger Karena Trafo Meledak, Hanguskan Gudang dan Plafon FTIK

Sebuah gudang di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Kondisi salah satu ruang gudang di FTIK UINSI Samarinda pasca terbakar, Kamis (6/10) pagi tadi.TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA- Sebuah gudang di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda di Jalan H.A.M Rifaddin, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda terbakar pada Kamis (6/20/2022) Pukul 09.30 WITA.

Dari informasi yang berhasil terhimpun di lokasi kejadian, awalnya terdengar suara ledakan dari transformator yang berada di dalam gudang penyimpanan arsip dan barang perkuliahan tersebut.

Tidak lama berselang hawa panas disusul kepulan asap pekat memenuhi seluruh area kampus dari FTIK dan Fakultas Bahasa tersebut.

Dosen dan mahasiswa yang tengah melakukan aktivitas belajar mengajar dengan spontan langsung berhamburan meninggalkan ruang perkuliahan.

"Ledakannya seperti petasan. Awalnya kami kira kabut biasa. Eeh makin pekat jadi kami berlarian keluar," jelas Tarmidzi (20) salah seorang mahasiswa kepada Tribunkaltim.co.

Baca juga: Kebakaran di Manggar Balikpapan, Satu Rumah Terbakar Berdampak Bagi 4 KK

Baca juga: Kebakaran di Balikpapan Timur Hanguskan Satu Rumah, 4 KK Terdampak

Baca juga: Polisi Datangkan Puslabor untuk Mengetahui Penyebab Kebakaran di Pelita 7 Samarinda

Meski dilanda kepanikan, para dosen mencoba memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang berada di seluruh sudut ruangan.

"Tapi asap sudah penuh di plafon, jadi kita enggak berani mendekat," jelasnya lagi.

Sementara itu, Koordinator Prodi PAI FTIK UINSI Samarinda Rega Armella menerangkan bahwa saat itu dirinya hendak buang air kecil.

Namun langkahnya terhenti saat melihat api sudah memenuhi gudang yang berada di samping toilet tersebut.

"Posisi gudangnya tepat di samping Kantor Pelayanan Akademik. Pokoknya gudang dan plafon dipenuhi api pada saat itu," kenangnya.

Tidak berselang lama pemadam kebakaran gabungan bersama PMI Samarinda pun tiba di lokasi untuk menguasai api.

Hingga akhirnya dalam waktu 45 menit api berhasil dipadamkan.

Sementara itu, Kapolsek Samarinda Seberang Kompol Anton Saman menjelaskan api memang berasal dari gudang berkas peralatan gedung FTIK tersebut.

Dikatakannya juga bahwa dugaan awal api berasal dari korsleting listrik dan melebar ke daerah plafon.

Baca juga: BREAKING NEWS Kebakaran di Pelita 7 Samarinda, Seorang Lansia Meninggal Dunia

"Kalau kerugian belum bisa diperkirakan, masih dilakukan pendataan," pungkasnya.

Karena kejadian tak terduga ini, Wakil Rektor I UINSI Samarinda Muhammad Nasir pun memberikan pengumuman bahwa perkuliahan untuk sementara diliburkan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved