IKN Nusantara

Warganya Banyak di Kaltim, Daerah di Sulawesi Siap Pasok Pangan ke IKN Nusantara

Warganya banyak di Kaltim, daerah di Sulawesi siap pasok pangan ke IKN Nusantara

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Faizal Amir

TRIBUNKALTIM.CO - Daerah-daerah lumbung pangan di Sulawesi sudah bersiap memasok hasil pertanian ke kawasan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Dilansir dari Tribun Enrekang,

Pemerintah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, menyatakan siap menyuplai hasil pertanian ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, Senin (11/10/2022).

Demikian dikatakan Bupati Enrekang Muslimin Bando saat menjadi pembicara pada Podcast Series 4 Hari Ulang Tahun (HUT) ke-353 Sulawesi Selatan di Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih, Makassar, Senin (10/10/2022) malam.

Ia mengatakan, Enrekang telah menyuplai kebutuhan pokok seperti sayur-mayur, buah-buahan, daging sapi, bahkan telur ayam ke provinsi julukan Benua Etam itu.

Bahkan jauh sebelum Presiden Jokowi memutuskan rencana pemindahan IKN.

"Enrakang ini kan sudah dikenal dari dulu, selalu mengirim kebutuhan-kebutuhan pokok hampir di seluruh pulau Kalimantan. Seperti bawang merah, kol, kentang, sawi, wortel, labu siam, maupun cabai," katanya.

Selain itu, kata Muslimin Bando, bahkan banyak masyarakat Enrekang yang berhijrah kesana dengan membuka lahan pertanian.

"Di Kalimantan, ada puluhan ribu masyarakat Massenrempulu (Enrekang). Bahkan Wakil Bupati Kutai Timur itu adalah warga asal Enrekang.

Intinya Enrekang sangat dekat dengan Kalimantan apalagi kalau jadi IKN nanti," katanya.

Saat ini, Enrekang merupakan penghasil bawang merah terbesar di Sulawesi Selatan. Bahkan, telah disuplai ke beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Selain Enrekang, sebagai salah satu wilayah penyangga calon Ibu Kota Nusantara, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyiapkan Kawasan Pangan Nusantara.

Kawasan itu berada di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.

Lebih dari 100 hektar lahan akan disiapkan sebagai awal Kawasan Pangan Nusantara.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved