Mata Lokal Memilih

Survei Litbang Kompas Elektabilitas Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Naik, Ungguli Sandiaga Uno dan AHY

Hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres naik, mengungguli Sandiaga Uno dan juga Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ).

https://jabarprov.go.id/
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres naik, mengungguli Sandiaga Uno dan juga Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ). 

TRIBUNKALTIM.CO - Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden ( cawapres ) melesat mengungguli sejumlah nama termasuk Sandiaga Uno dan juga Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ).

Elektabilitas Ridwan Kamil yang kini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat ini naik berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru yang dirlis Rabu (26/10/2022).

Dari survei Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil dalam survei kali ini bahkan lebih tinggi dari jajak pendapat sebelumnya.

Lalu bagaimana Ridwan Kamil menanggapi hasil survei Litbang Kompas?

Seperti apa langkah politik Ridwan Kamil selanjutnya?

Diketahui, saat ini Ridwan Kamil memasuki empat tahun masa kepemimpinannya di Jawa Barat bersama dengan wakilnya Uu Rhuzanul Ulum.

Sejauh ini, Ridwan Kamil belum mengumumkan karier politiknya selanjutnya. 

Dari hasil survei Litbang Kompas, Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil ini banyak dipilih sebagai cawapres karena dinilai sebagai pribadi sederhana dan merakyat (34,8 persen).

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Maaf pada Warga Palembang, Jelaskan Konteks Kritik LRT hingga Sepi Penumpang

Selain itu, sosok Ridwan Kamil juga dinilai berpengalaman dan berprestasi sebagai pemimpin (22 persen), tegas dan berwibawa (14,9 persen), jujur dan adil (11,3 persen), serta berpendidikan tinggi (5,7 persen).

Dari hasil survei Litbang Kompas, angka keterpilihan Kang Emil mencapai 11,5 persen.

Angka yang diperoleh Ridwan Kamil itu melonjak tajam hampir 5 persen dari survei sebelumnya.

Dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com, dalam survei periode Juni 2022 lalu, elektabilitas mantan Walikota Bandung tersebut sebesar 5,7 persen.

Lalu, 5,6 persen pada survei periode Januari 2022.

Menurut survei terbaru, Ridwan Kamil berhasil mengungguli sejumlah tokoh yang digadang-gadang menjadi cawapres seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang elektabilitasnya sebesar 11,5 persen.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved