Berita Balikpapan Terkini

Audiensi Dengan Pemkot Balikpapan, Myrna Safitri Tegaskan Pengelolaan Sampah Jadi Bahasan Prioritas

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Myrna Asnawati Safitri melakukan audiensi menemui Pemkot Balikpapan.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Myrna Asnawati Safitri, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN. (TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Myrna Asnawati Safitri melakukan audiensi menemui Pemerintah Kota Balikpapan pada Selasa (1/11/2022) kemarin.

Kunjungan Myrna ke lingkungan Pemkot Balikpapan ini disambut langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

Diketahui, kunjungan yang dilakukan ini merupakan kunjungan kerja pertama yang dilakukan Myrna dengan kapasitasnya sebagai salah satu Deputi Otorita IKN.

“Ini kunjungan pertama saya dalam kapasitas sebagai Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN ke Kaltim,” ucapnya.

Baca juga: Sidak Loket di Ruang SPKT, Kapolresta Balikpapan Pastikan Berjalan Sesuai Prosedur

Ia mengaku sudah bertemu dengan beberapa kepala daerah yang wilayahnya berada di sekitar kawasan IKN.

Mulai dari Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan dilanjutkan menemui wali Kota dan bupati, mulai dari Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wali Kota Balikpapan dan juga Bupati Penajam Paser Utara.

Ditemui seusai audiensi, Myrna menyampaikan beberapa hal penting yang ingin didiskusikan dengan para kepala daerah. Utamanya, kaitannya pada pembangunan yang juga akan terjadi di wilayah mitra penyangga IKN.

Baca juga: Ingin Melapor Langsung ke Kapolresta Balikpapan? Catat Nomor Whatsapp-nya

“Kita tidak bisa hanya bicara IKN adalah untuk IKN dan oleh IKN, tapi kita juga berbicara keberadaan IKN ini untuk Kaltim dan juga tentu untuk Indonesia secara keseluruhan,” terangnya.

Myrna mengusulkan adanya platform kerjasama dalam hal lingkungan hidup dan sumber daya alam antara Otorita IKN dengan Kota Balikpapan dan juga kabupaten/kota di sekitar.

Selain itu, kunjungan Myrna juga bermaksud untuk mengidentifikasi isu-isu lingkungan yang mendesak dan perlu untuk segera dibicarakan, dikoordinasikan dan disinergikan. Mengingat, kegiatan konstruksi sudah mulai dilakukan di wilayah IKN.

Salah satu pembahasan penting dalam kesempatan tersebut adalah terkait dengan pengelolaan sampah.

Baca juga: Kapolresta Balikpapan Sidak Satpas, Pastikan Bersih dari Penyimpangan

“Saya belum update diskusi pembahasan ini sudah sampai dimana, jadi saya akan mengupdate terlebih dahulu. Kemudian, tentu saya berkomitmen untuk melanjutkan itu,” tegasnya.

Menurutnya, pengelolaan sampah memang menjadi prioritas dalam kedeputian lingkungan hidup dan sumber daya alam.

“Sampah dari proses pembangunan yang sedang berlangsung ini juga menjadi bahan pembicaraan kita ya,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved