Viral Pengakuan Ismail Bolong

Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil Kaltim Sindir Habis-habisan Video Klarifikasi Ismail Bolong

Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Kaltim melalui Juru Bicaranya Buyung Marajo menanggapi video klarifikasi Ismail Bolong yang menyebut dalam tekanan saat

DOK/PRIBADI
Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Kaltim, Buyung Marajo menyindir habis-habisan terkait video klarifikasi Ismail Bolong. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Kaltim melalui Juru Bicaranya Buyung Marajo menanggapi video klarifikasi Ismail Bolong yang menyebut dalam tekanan saat memberi pernyataan.

Video mantan anggota Polri aktif di Samarinda ini viral ketika mengaku sebagai pengepul aktivitas tambang batu bara ilegal di kawasan Jalan Poros Samarinda-Bontang.

Buyung yang secara utuh melihat video klarifikasi Ismail Bolong ini malah menyindir habis-habisan.

"Apakah video klarifikasi yang dilakukan oleh Ismail Bolong tidak di bawah tekanan dan ancaman?" sindir pentolan Pokja 30 ini, Minggu (6/11/2022).

"Jadi publik juga mengerti mana video yang terpaksa dan dipaksakan," imbuhnya.

Baca juga: Heboh Ismail Bolong, Mahfud MD Bakal Koordinasi dengan KPK Terkait Isu Mafia Tambang

Buyung menegaskan sudah saatnya Polri bersih sebersih-bersihnya secara total dan menyeluruh dalam waktu secepatnya setelah banyak peristiwa yang terjadi termasuk perihal Ismail Bolong ini.

Kejadian seperti ini adalah dampak ketidaktegasan aparatur penegak hukum terhadap pelanggaran undang-undang tentang tambang Ilegal di Kaltim, kesan main mata dan pembiaran itu nyata di publik, sekarang semakin merajalela dan sudah meresahkan.

"Publik sudah bosan soal gimik-gimik seperti ini, sangar di aturan dan perintah tapi lemah tindakannya," tukas Buyung.

"Harusnya ada ketegasan yang nyata dari Kapolri kepada Polda yang mengabaikan kewajiban dan tanggung jawabnya untuk memberantas perbuatan melawan hukum terutama tambang ilegal," tuturnya.

Dengan video klarifikasi oleh Ismail Bolong apakah menjadi indikator penyelesaian atau tindakan yang tepat untuk memberantas tambang ilegal? Menurut Buyung hal ini tidak bisa berhenti di sini saja.

Baca juga: Siapa Ismail Bolong? Eks Polisi Diduga Pengepul Batu Bara Ilegal dan Hubungannya Sama Brigjen Hendra

Pertanyaannya siapa yang melakukan pemeriksaan Ismail Bolong oleh anggota Mabes Polri, siapa yang mengancam, juga harus dijelaskan ke publik.

"Video mana yang lebih tertekan apakah saat membacakan pernyataan (pertama) atau video klarifikasi (kedua)," kata Buyung.

Meski Ismail Bolong sudah bukan anggota Polri aktif, namun Kapolri didorong KMS agar segera menindaklanjuti siapa saja yang diduga terlibat jaringan tambang ilegal yang sebelumnya disebut-sebut.

Kapolri diharap tegas dalam bersikap, terlebih sudah viral pernyataannya jika memang ada anggotanya terlibat maka ada sanksi tegas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved