Berita Balikpapan Terkini

29 Lukisan Potret Pejuang Balikpapan dan Pahlawan Nasional Dipamerkan di Plaza Balikpapan

29 lukisan potret pejuang Balikpapan dan pahlawan nasional karya pelukis Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS dipamerkan di Mal Plaza Balikpapan.

Editor: Sumarsono
HO
29 lukisan potret pejuang Balikpapan dan pahlawan nasional karya pelukis Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS dipamerkan di Mal Plaza Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Sebanyak 29 lukisan potret pejuang Balikpapan dan pahlawan nasional karya pelukis Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS dipamerkan di Mal Plaza Balikpapan.

Pameran lukisan pejuang daerah dan nasional dirangkai lomba mewarnai dan mengambar digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Kegiatan yang digagas LSM Kaltim Education Watch (KEW) dibuka oleh Sub Koordinator SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Buchari di Auditorium Plaza Balikpapan, Sabtu (12/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Departemen PT Pegadaian Area Balikpapan Eko Cahyanto, anggota Veteran Prayitno Joyo Diharjo (PJD) Koesman, dan beberapa keluarga pejuang.

Ketua LSM Kaltim Education Watch Edy Yudohandana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan edukasi kepada pelajar agar mengenal juga pejuang asal Kota Balikpapan dan pahlawan nasional.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Ketua DPRD Balikpapan Sampaikan Pesan kepada Generasi Penerus Bangsa

Diharapkan ke depan masyarakat, khususnya generasi muda mencinta serta menghargai para pahlawan dan pejuang bangsa.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, serta menjadikan ‘pahlawanku inspirasiku dan pahlawanku teladanku,” ujarnya.

Sementara itu mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Purnomo, Buchari memberikan aspirasi kepada Kaltim Education Watch yang menggelar kegiatan lomba mewarnai dan menggambar tingkat PAUD, TK, dan SD

Menurutnya, kegiatan lomba menggambar dan mewarnai merupakan salah satu edukasi buat siswa yang didapat di luar sekolah.

Baca juga: HUT ke-7 Hotel Platinum Balikpapan, Hadirkan Pameran Lukisan Go Internasional

PJD Koesma, salah satu pelaku sejarah di Balikpapan yang kini menginjak usia 91 tahun juga memberikan apresiasi kepada panitia yang mengajak masyarakat mengenang jasa pahlawan.

Dia pun mengharapkan agar generasi muda dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan tulus ikhlas.

“Tentunya untuk mempertahan kemerdekaan yang telah dicapai, melalui perjuangan tanpa mengenal lelah, pesannya.

29 lukisan potret pejuang Balikpapan dan pahlawan nasional karya pelukis Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS dipamerkan di Mal Plaza Balikpapan.
29 lukisan potret pejuang Balikpapan dan pahlawan nasional karya pelukis Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS dipamerkan di Mal Plaza Balikpapan. (HO)

Di tempat yang sama Eko Cahyanto dari PT Pegadaian Area Balikpapan mengatakan, perlunya generasi muda mengenal dan mencintai para pahlawan bangsa serta melanjutkan perjuangan. Tentunya mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

Lebih lanjut Edy Yudohandana menambahkan, ajang pameran lulisan pahlawan ini berlangsung mulai Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022).

Ada 29 lukisan potret pejuang Kota Balikpapan dan Pahlawan Nasional hasil goresan kwas Yuyun Dorojatun dan Herry Trunajaya BS yang keduanya merupakan seorang jurnalis atau wartawan.

Baca juga: NEWS VIDEO Mahakarya Komunitas Toreh Arts Bontang Hasilkan Lukisan Seharga Puluhan Juta

Kedua wartawan senior ini memiliki keinginan mengenalkan wajah para pejuang dan pahlawan melalui lukisan.

" Minggu (13/11/2022) akan dilanjutkan dengan lomba menggambar tingkat SD, sekaligus pembagian hadiah bagi para pemenang," jelas Edy.

Edy mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu, sehingga kegiatan dapat terlaksana sesuai rencana. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved