Berita DPRD Kukar

Komisi II DPRD Kukar Cari Terobosan Pasarkan Produk Lokal ke Mancanegara

Komisi II DPRD kutai Kartanegara terus mencari terobosan untuk memasarkan produk lokal Kota Raja ke mancanegara

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Komisi II DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja di rumah BUMN Kota Balikpapan belum lama ini.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Komisi II DPRD Kutai Kartanegara terus mencari terobosan untuk memasarkan produk lokal Kota Raja ke mancanegara.

Salah satunya dengan berkolaborasi bersama Rumah BUMN milik PLN yang menjual berbagai aneka kerajinan tangan. Seperti batik, ulap doyo, tas dari manik-manik.

Ketua Komisi II DPRD Kutai Kartanegara, Sopan Sopian mengatakan, barang yang dimiliki UMKM Kukar sebenarnya sudah memiliki brandinh tersendiri.

“Barang-barang yang ditawarkan sudah punya brand dengan harga terjangkau. Dipastikan produk Kukar telah di pasarkan di luar daerah,” kata Sopan usai mengunjungi rumah BUMN di Balikpapan.

Baca juga: Komisi III DPRD Samarinda Minta Dishub Kreatif Cari Bantuan Keuangan untuk Pengadaan Lampu PJU

Baca juga: DPRD Samarinda Dapat Pertanyaan Kritis dari Siswa Al-Azhar Syifa Budi Samarinda

Nantinya, akan dicoba melakukan sinergi dengan seluruh pihak yang terlibat. Hal ini dilakukan untuk mendukung produk lokal bisa dikenal dan dipasarkan luar daerah.

"Kami berharap akan ada jaringan pemasaran yang baik agar produk lokal mampu bersaing dengan produk-produk dari luar daerah," kata politisi Partai Gerindra itu.

Namun demikian, Sopan masih menyayangkan sentral usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kutai Kartanegara belum dimaksimalkan dengan baik.

Seharusnya, pusat UMKM di Gunung Pendidik, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong itu bisa digunakan masyarakat untuk memasarkan produknya.

Selain itu, Tenggarong juga memiliki Rumah BUMN PLN yang bisa digunakan untuk menfasilitasi peningkatan produk UMKM lokal supaya memiliki nilai jual dipasaran.

Baca juga: Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Dukung Pemkot Terapkan UKS Paripurna

“Ke depan tinggal bagaimana kita melakukan komunikasi antara pemerintah dan PLN. Untuk melakukan pelatihan UMKM, pengemasan, promosi produk dan pemasarannya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Komisi II DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja di rumah BUMN Kota Balikpapan belum lama ini.

Kunjungan dipimpin langsung ketua Komisi II, Sopan Sopian didampingi Betaria Magdalena, Budiman, Azhar Nuryadi, Firnadi Ikhsan dan Mutoyib. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved