Berita Samarinda Terkini

Resmi Berbadan Hukum, UT Kaltim Siap Buka Prodi Baru untuk Tingkatkan SDM

Resmi menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) tentu menjadi semangat dan tantangan baru bagi Universitas Terbuka (UT) daera

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Suasana wisuda Universitas Terbuka (UT) Kaltim di Convention Hall Samarinda dengan 1.183 wisudawan, terdiri 540 luring dan 543 daring, Minggu (20/11/2022). TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Resmi menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) tentu menjadi semangat dan tantangan baru bagi Universitas Terbuka (UT) Kalimantan Timur (Kaltim).

Dengan pencapaian tersebut, UT Kaltim dituntut untuk dapat terus meningkatkan segala potensi dan kualitas universitasnya.

Harapan tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melalui Sektretaris Daerah (Sekda) Sri Wahyuni saat menghadiri kegiatan wisuda 1.183 mahasiswa UT di gedung Convention Hall Samarinda, Minggu (20/11/2022).

Apalagi, lanjutnya, dalam menyambut pemindahan ibu kota negara (IKN), UT Kaltim juga harus mampu menyiapkan program studi (prodi) untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan ke depannya.

Untuk menunjang itu, lanjut Sri Wahyuni, Gubernur Provinsi Kaltim akan mengalokasikan beasiswa untuk peningkatan SDM bagi Universitas yang ada.

Baca juga: Pengurus IKA UT Kaltim Dilantik, Sigit: Universitas Terbuka Garda Terdepan Cetak SDM Daerah

"Di 2023 mendatang alokasinya mencapai Rp 400 miliar. Tentu kita menjadi daerah yang mengalokasikan dana beasiswa terbesar. Dan itu menjadi bukti keseriusan kita dalam peningkatan SDM," ujarnya.

Lebih rinci, ia menjelaskan seiring peningkatan alokasi harus diikuti perluasan jangkauan beasiswa.

Oleh sebab itu, nantinya pihaknya akan mengadakan ruang diskusi kecil untuk memetakan arah alokasi beasiswa sesuai SDM apa yang dibutuhkan ke depannya.

"Jadi ada beasiswa untuk studi, kompetensi dan kursus singkat untuk menciptakan SDM yang memiliki kapasitas. Nah itulah mengapa tentu kita ingin UT terus dapat meningkatkan kualitasnya," ucapnya.

Baca juga: Universitas Terbuka Kaltim Gelar Seminar Akademik, Diikuti Ratusan Peserta Calon Wisudawan

Terpisah, Direktur UT Kaltim Rusna Ristasa mengatakan, pihaknya siap untuk terus berinovasi dalam menciptakan lulusan-lulusan yang siap bersaing, terutama dalam menyambut IKN.

Apalagi, UT kini telah menjadi PTN berbadan hukum yang sudah bisa membuka dan menutup program studinya sendiri.

"Jadi kalau ada permintaan dari daerah ataupun nasional terkait SDM apa yang dibutuhkan, kami siap membuka prodi baru," ucapnya menegaskan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved