Info BMKG

Hingga Akhir Tahun, Wilayah Kaltim akan Cuaca Ekstrem

Hal ini diperlukan tentu untuk pihaknya mengantisipasi datangnya bencana yang kerap terjadi di Kaltim, yaitu banjir dan pergerakan tanah

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, Agus Hari Kesuma menyampaikan Kaltim menghadapi cuaca ekstrem hingga bulan Desember mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Setidaknya dari laporan berbagai pihak ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim didapati cuaca ekstrem berlangsung hingga bulan Desember 2022 mendatang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, Agus Hari Kesuma melaporkan pihaknya juga telah melaporkan terkait pra-bencana keseluruh jajarandi Kabupaten/Kota.

Hal ini diperlukan tentu untuk pihaknya mengantisipasi datangnya bencana yang kerap terjadi di Kaltim, yaitu banjir dan pergerakan tanah atau longsor.

"Jadi di kita ada pra-bencana dan sudah kami sampaikan kepada masyarakat luas termasuk jajaran di Kaltim bahwa mulai Bulan Agustus hingga Desember hingga akhir tahun akan menghadapi cuaca ekstrem," jelasnya kepada TribunKaltim.co pada Senin (21/11/2022).

Baca juga: Angin Kencang di Kampung Gala Puncak Graha Indah Balikpapan Putuskan Kabel Listrik

Seluruh Kabupaten/Kota juga sudah mengetahui terkait pra-bencana, ada persiapan terkait kedaruratan bencana.

"Cuaca ekstrem ini di Kaltim banyak terkait banjir dan pergerakan tanah (longsor)," imbuh pria yang akrab disapa AHK ini.

Adapun untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan bencana, seperti pasca bencana banjir dan tanah longsor.

Cuaca mendung memayungi kawasan terbuka hijau Gala Puncak, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin 21 November 2022.
Cuaca mendung memayungi kawasan terbuka hijau Gala Puncak, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin 21 November 2022. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)

BPBD juga telah siap terkait logistik atau tim yang menangani kajian dan analisis pasca bencana dan menggandeng OPD terkait.

Misalnya bangunan rusak, bendungan, dan saluran-saluran, tentunya BPBD akan lakukan sebuah perencanaan tepat.

Baca juga: Cuaca Balikpapan Hari Ini, Kabut Sambut Pagi Gala Puncak, Malam akan Turun Hujan Ringan

"Kalau di kita pengkajian perhitungan pasca bencana," katanya.

Setelah itu, terkait sembako juga kami sudah siap dibidang kedaruratan, sudah berjalan semua. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved